13.6.20

Keterlibatan Influencer Mengedukasi Masyarakat dalam Menghadapi New Normal


UJIAN AKHIR PSIKOLOGI SOSIAL I
(Semester Genap 2019/2020)
Wahyu Hidayah
19310410052
Dosen Pengampu : Dr Arundati Shinta MA



Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan. Virus COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bagi Anda juga berlatih etiket pernapasan.Virus Covid-19 memaksa setiap individu menjalani kegiatan yang setiap hari dilakukan diri tidak lagi bermakna sebagai rutinitas belaka. Keberagaman ritual yang sering dilakukan secara komunal pun rapuh, individu dihimbau melakukan kegiatan beribadah secara tidak bersama dalam suatu tempat. Setiap individu dipaksa lebih menggali motivasi intrinsik untuk membangun kesadaran diri yang sesungguhnya.  Sebuah tantangan yang sungguh tidak mudah bagi kita untuk mampu menciptakan kebahagiaan di tengah bencana virus Covid-19 yang mematikan ini.

Kebahagiaan menurut Bastaman (2007), erat kaitannya dengan cara seseorang menyikapi peristiwa-peristiwa dalam hidupnya. Peristiwa tentu ada yang menyenangkan maupun tidak  menyenangkan, yakni ketika seseorang menghadapi penderitaan namun tetap dapat menemukan hikmah dan rasa syukur maka hal itu akan menjadikannya bahagia. Setelah hampir tiga bulan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, pemerintah berencana melonggarkan pembatasan sosial tersebut. Namun, pandemi corona masih berlangsung. Pilihannya adalah masuk ke tata cara hidup baru atau new normal. Presiden Joko Widodo meminta masyarakat beradaptasi dengan virus corona. Ia menegaskan adaptasi bukan berarti kalah, melainkan hidup dengan kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan. Jokowi mengatakan masyarakat harus beradaptasi karena ancaman virus corona masih sangat dinamis. Sebagaimana diketahui, istilah 'new normal' belakangan kerap digaungkan banyak pihak. Istilah 'new normal' sendiri merujuk pada cara atau gaya hidup baru yang mencoba 'berdamai' dengan keberadaan virus SARS-CoV-2 di tengah masyarakat. Beradaptasi dengan 'new normal' menjadi salah satu jalan keluar untuk memutus mata rantai penularan virus corona penyebab Covid-19. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait. Dalam mempersiapkan masyarakat memasuki fase new normal tidak bisa disamakan seluruh daerah.  Ada daerah yang sudah bisa menerapkan new normal, tetapi masih banyak juga daerah yang ancaman virus coronanya belum reda. Kendati kehidupan dengan new normal telah dicanangkan oleh pemerintah, bukan berarti virus Corona telah hilang dan tidak lagi menjadi ancaman. Oleh karena itu, kamu tetap harus memperkuat daya tahan tubuhmu dengan memerhatikan asupan nutrisi dan cairan, serta menerapkan pola hidup sehat, seperti beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta tidak merokok. Proses adaptasi menuju pola hidup baru tersebut tidak mudah. Psikologi Klinis Ida Ayu Saraswati Indraharsani mengatakan penerapan new normal dapat mempengaruhi kesehatan mental. Pasalnya, banyak tantangan harus dihadapai masyarakat untuk menjalankan kehidupan tersebut, penting kesehatan mental sebelum mulai masuk ke new normal. Hal tersebut bukan persoalan kejiawaan, tapi juga berpikir rasional untuk mengekspresikan emosi dan berperilaku tepat. Anak-anak perlu mendapat pembekalan untuk menghadapi normal baru.  Pemahaman sederhana untuk anak-anak tentang norma hidup baru adalah kembali berkegiatan normal dengan tetap menjaga protokol kesehatan karena pandemi masih terjadi. Secara fisik, menurut Wanda, mereka juga harus dibiasakan displin menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta tetap menjaga fisik saat berinteraksi dengan teman atau orang lain.

Menerapkan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19 menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan new normal. Hampir semua negara mengimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak apalagi jika kamu mengalami gejala COVID-19, seperti demam, batuk, sesak napas, pilek, atau sakit tenggorokan. Segera lakukan isolasi mandiri. Dengan begitu, kamu juga akan melindungi orang lain dari risiko terpapar virus Corona.. Terkecuali, memang bagi mereka yang harus keluar dan kegiatannya tidak bisa dilakukan dari rumah. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan, prinsip utama dari new normal itu sendiri adalah dapat menyesuaikan dengan pola hidup. Masyarakat, kata Wiku, akan menjalani kehidupan secara new normal hingga ditemukannya vaksin dan dapat digunakan sebagai penangkal virus corona. Beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia telah memastikan bahwa kemungkinan paling cepat dapat ditemukannya vaksin adalah pada 2021. Artinya, masyarakat harus menjalani kehidupan secara new normal hingga tahun depan, bahkan lebih. Oleh karenanya, perubahan perilaku akan menjadi kunci optimisme dalam menghadapi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah atau yang dikenal sebagai new normal.

Puluhan influencer dari berbagai bidang digandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk berdiskusi mengenai informasi perkembangan kasus covid 19 & mengedukasi masyarakat dalam menghadapi New Normal. Selain dari kalangan selebritas, influencer yang setuju membantu BNPB berasal dari aktivis, olahragawan, dan tokoh milenial. Nama-nama tenar di jagat maya yang digandeng, semisal Indra Bekti, Rachel Vennya, Taqy Malik, dan Sarah Alana Gibson. Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan menyebut langkah itu sengaja diambil untuk memperluas jangkauan sosialisasi pencegahan Covid-19. Membenarkan hasil survei RRI dan Indo Barometer, ia mengakui, saat ini masih ada jarak antara pemerintah dan masyarakat.  Dengan banyak pengikut, media sosial bisa menjadi sebagai ajang motivasi dan edukasi kepada pengikut, maupun publik secara umum, edukasi daring efektif dalam menyosialisasikan gaya hidup sehat. Pasalnya, masyarakat tergerak untuk meniru apa yang dilakukan pegiat saat pandemi. Dukungan influencer merupakan tanggungjawab moral, influencer memiliki tanggungjawab lebih banyak untuk memberi informasi yang benar, memberikan masukan konstruktif kepada pemerintah seperti meminta memperbaiki cara komunikasi publik, memberikan transparansi informasi kepada masyarakat, mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat, mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama berperan dalam melawan covid 19 dan menangkal hoaks hingga mengkampanyekan untuk menjaga jarak hingga berada di rumah sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19. Dr Briand melalui BBC menekankan pentingnya mengatasi desas-desus yang tidak berdasar, mengatakan bahwa itu bisa menjadi hambatan untuk respon yang baik. Selain sosialisasi dengan cara kampanye di dunia maya,  juga bakal bergerak secara luring untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semisal lewat program penyemprotan desinfektan dan pembagian masker bagi para pekerja informal.  Semua bisa diatasi selama adanya semangat membantu sebagai bangsa yang utuh, maupun sebagai manusia yang berbudi pekerti. Masyarakat diberi dan saling memberi contoh nyata melalui perilaku yang bisa diteladani. Perilaku ini, misalnya, dengan memasang tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun di depan rumah. Bisa pula dengan memperketat pengawasan dan pengamanan di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang, seperti mal, pasar, dan terminal. Wajar jika penerapan kebiasaan baru tak semulus yang dibayangkan. Tentu akan timbul tantangan serta hambatan saat memulai new normal. Jadi tetap yakinkan diri untuk sesuatu hal yang lebih baik kedepannya.

Sebagai penutup, “wajah lama sudah tak keruan di kaca, sedang wajah baru belum jua jelas” ungkap Mochtar Lubis dalam kesimpulan manusia Indonesia. Ungkapan ini dapatlah disinonimkan seperti, “PSBB masih banyak pelanggaran, sedang new normal menyapa untuk diterapkan”.



Bastaman, H.D. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. PT Raja Grafindo Persada.
https://www.who.int/health-topics/coronavirus(diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.bbc.com/news/world-asia-china-51368873(diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200527130827-255-507276/terapkan-protokol-kesehatan-unsur-penting-dalam-new-normal(diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.antaranews.com/berita/1371946/puluhan-influencer-digandeng-bnpb-cegah-covid-19(diakses pada 13 Juni 2020)
https://buletin.k-pin.org/index.php/daftar-artikel/615-berpikir-positif-sebuah-refleksi-pengalaman-saat-karantina-diri (Penulis FX Wahyu Widiantoro diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200610141943-20-511810/jokowi-adaptasi-dengan-corona-bukan-berarti-kita-kalah(diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200326135840-185-487112/asa-influencer-di-tengah-lambatnya-pusat-tangkal-corona-ri(diakses pada 13 Juni 2020)
https://nasional.kompas.com/read/2020/06/09/11200401/keterlibatan-influencer-bantu-masyarakat-terdampak-covid-19-diapresiasi.( diakses pada 13 Juni 2020)
https://www.krjogja.com/wisata/pesona-indonesia/6-media-social-influencer-dunia-kenalkan-yogya-dan-bali/.( diakses pada 13 Juni 2020)

52 comments:

  1. Influencer memang berperan menyebarkan informasi untuk masyarakat, apalagi ditengah pandemi ini mereka menjadi panutan viewer nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, tapi harus tetep pintar memilih influencer yang mempunyai konten mendidik ya kak 😊

      Delete
  2. Sebegitu besarnya peran influencer untuk memberikan pengaruh pada orang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbk Alma 😊 mereka memanfaatkan viewer yg banyak untuk membantu memberikan edukasi ttg new normal ditengah pandemi sekarang ini. Selalu jaga kesehatan mbk Alma, terimakasih 😊❤️

      Delete
  3. Masyakarat harus pandai memilih influencer untuk menjadi panutan ya kak, karena nggk semua influencer konten nya baik..tapi banyak juga kok yg bisa memberikan contoh yang baik.
    Terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak sudah menambahkan ilmunya, Tetap harus menjadi bijak untuk memilih sesuatu yang dicontoh di kehidupan sehari-hari, tidak hanya untuk menghadapi pandemi saja yaa,
      Kembali kasih 😊 stay safe stay healthy ❤️

      Delete
  4. Trimakasi informasi nya,, semangt 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih kak 😊 semoga bermanfaat informasi nya
      Stay safe stay healthy kak❤️ semangat selalu

      Delete
  5. Trimakasi informasi nya,, semangt 😊

    ReplyDelete
  6. Artikelnya bagus memberikan informasi bahwa begitu besar influencer berpengaruh pada orang banyakk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih semoga bermanfaat 😊
      Menuju new normal tetap jaga jarak jaga kebersihan kak, ❤️😊

      Delete
  7. Makasih ilmunya ya, semoga selalu bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..kembali kasih
      Tetap jaga kesehatan ya kak πŸ˜ŠπŸ€—

      Delete
  8. sangat membantu, semoga saya bisa cepat move on kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat
      Semangat move on nya 😁

      Delete
  9. Alhamdulillah . thank's ka informasinya. bermanfaat buat sayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kembali kasih kak😊
      Tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya kakπŸ˜ƒ
      Patuhi psbb dan protokol kesehatan, stay safe stay healthy πŸ€—

      Delete
  10. itu menjadi tanggung jawab kita semua, memberikan informasi yang kita tahu untuk dibagikan kepada masyarakat,tapi harus tetap memberi informasi yg baik dan tdk hoax ya kawan,terimakasih infonya kak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih kak, sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk saling berbagi informasi dan mengingatkan, informasi yg dibagi juga harus bisa dipertanggungjawabkan, terimakasih kak sudah membagi info, selalu sehat dan patuhi protokol kesehatan yaa kak, untuk menghadapi new normal kita harus bersama² πŸ˜ŠπŸ€—

      Delete
  11. Menuju new normal, keberhasilan new normal bergantung kpd kita semua, ttp patuhi protokol kesehatan dan psbb,
    Terimakasih infonya, ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm..bener kak, jangan sampai karena udh new normal kita jadi seenaknya dan tidak mematuhi psbb yaa..jangan cuek dan egois, sama² menghadapi pandemi ini dengan sabar dan waspada, patuhi prokol kesehatan
      Kembali kasih kak, semoga bermanfaat 😊

      Delete
  12. Makasih kakak informasinya 😊 sangat bermanfaat sekali 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..semoga selalu bermanfaat, kembali kasih kakπŸ€—
      Stay safe stay healthy
      Jangan abay jangan lebay ❤️😊

      Delete
  13. Oke banget, inget ya new normal bukan berarti kita bisa seenaknya nggk mematuhi psbb.. Jaga jarak aman, cuci tangan dan pakek masker itu tetep wajib
    Terimakasih kak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih, itu yang perlu diinget ya guys.. tetep patuhi psbb..untuk kebaikan kita semua πŸ€—πŸ˜Š
      Kembali kasih semoga bermanfaat πŸ€—
      Stay safe stay healthy guys ❤️

      Delete
  14. Di kondisi wabah yg berkelanjutan, banyak influencer yg terpanggil jiwa kemanusiaannya untuk memanfaatkan pengarushnya di dunia Maya,jd kita sebagai masyarakat harus bisa memilih influencer konten yg baikbaik ya..
    Terimakasih informasinya mb :) ttp mengempanyekan kebaikan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well..bener banget, dengan memilih konten yang baik maka akan tersampaikan pula niat baik kita. Nggk cuma influencer aja nih yg harus berbagi, kita juga harus ikut andil yaa teman.
      Kembali kasih semoga selalu diberikan kesempatan untuk berbagi kebaikan πŸ˜ŠπŸ€—
      Stay safe stay healthy guys ❤️

      Delete
  15. subhanallah..
    informasi atau bacaannya bermanfaat sekali, mudah difahami juga❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. terimakasih kak πŸ€—πŸ˜Š
      Tetep jaga kesehatan dan kebersihan ya kak
      Cuci tangan dan pakek masker 😷

      Delete
  16. New normal buka hanya sekedar kata khiasa namun afirmasi yang harus kita patuhi sesuai protokol dan kebijakan pemerintah, menjadi influencer untuk mengafirmasi diri dan orang lain memabawa kita pada perubahan, semangat dan terus memberikan influence yang terbaik. Semangat kawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp bener banget nih kak, semoga kedepannya lebih baik lagi dan selalu diberikan kesehatan
      Semangat berbagi kebaikan ❤️πŸ€—

      Delete
  17. Cukup banyak yang ikut dalam berpatisipasi menangani covid, pemberian informasi juga sangat perlu, influencer cukup membantu karena viewer nya yg banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kita juga harus ikut membantu ya guys..bersama² melawan pandemi dengan tetap mematuhi psbb
      Jaga jarak, cuci tangan, pakai masker..stay safe stay healthy guys ❤️

      Delete
  18. Cukup banyak yang ikut dalam berpatisipasi menangani covid, pemberian informasi juga sangat perlu, influencer cukup membantu karena viewer nya yg banyak

    ReplyDelete
  19. Terima kasih kak atas informasinya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih kakπŸ€—πŸ˜Š
      Semoga bermanfaat
      Stay safe stay healthy ❤️

      Delete
  20. Terima kasih atas ilmunya kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga sudah menyempatkan waktu untuk membaca,
      Tetap berbagi kebaikan tetap baik dan tetap sehat guys❤️πŸ€—

      Delete
  21. Mereka para influencer banyak yang ikut turun tangan membantu menangani dan membantu masyarakat yg terdampak covid, mereka sukarela melakukanya, berbagi informasi bagaimana menuju new normal agar tetap berjalan sesuai dengan harapan
    Thanks kak info nya, semangat lagi menulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, mereka dengan sukarela berbagi untuk kita semua, bantu dengan doa dan patuhi psbb yaa, agar segera membaik, agar new normal sesuai harapan..
      Stay healthy ❤️

      Delete
  22. Artikel sngatlah menarik perhatian,penjelasan sangat mudah d pahami mengenai informasinya dan membantu kita untuk melakukan hal'' positif pada pandemi virus Corona saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..semoga selalu memberikan manfaat, selalu jaga kesehatan, semangat berbagi kebaikan, terimakasih ❤️πŸ€—

      Delete
  23. terimakasih informasinya ,artikel ini sangat membantu saya dan sangat jelas .
    semoga bermanfaat juga untuk orang lain .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, semoga bermanfaat,
      Tetap jaga kesehatan ya kak, jaga jarak, cuci tangan, dan pakai maskerπŸ€—πŸ˜·
      Stay safe stay healthy ❤️

      Delete
  24. Banyak dari influencer yang menjadi bagian dari pembagi informasi ke masyarakat, mereka tidak mementingkan royalti tapi rasa kemanusiaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, bener kak, mereka dengan sukarela membantu bahkan adapula yg ikut terjun ke lapangan. Semoga mereka selalu diberikan kesehatan,
      Menuju new normal tetap patuhi psbb ya guys
      Selalu berbuat baik, selalu cerdik, jangan ego, tetap peduli ❤️πŸ€—

      Delete
  25. Setuju bgt kak.. Influencer memang sangat berpengaruh dalam edukasi cara hidup di era covid ini. Karena kebanyakan remaja sekarang banyak meniru gaya hidup seorang influencer seperti selebritis" , artis youtube , dan lain-lain.. Dan dengan teknologi sekarang ini menjadi sangat mudah bagi influencer" di negara tercinta kita ini untuk ikut andil dalam edukasi tata cara hidup new normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, perkembangan teknologi saat ini juga membantu kita untuk lebih cepat dan mudah mendapatkan informasi, tapi harus tetap hati² yaa, tidak semua informasi di dunia Maya itu benar dan baik, jadi harus pandai² mencari informasi, sumbernya harus terpercaya, pilih influencer yg memang kontennya baik dan ditunjuk oleh pemerintah agar informasinya lebih bisa dipertanggungjawabkan, kita perlu waspada, agar apa yg kita dapat dan kita bagi tidak membuat diri kita dan orang lain menjadi cemas berlebihan..
      Stay safe stay healthy ya kak,
      Terimakasih πŸ˜ŠπŸ€—

      Delete
  26. Artikelnya menarik, tulisanya bagus tapi tidak saya baca.

    ReplyDelete
  27. Begitu besar ya peran influencer bagi para viewersnya .. apalagi dijaman digital saat ini . Tapi yaa itu bener kita harus pandai2 memilih influencer untuk memberi hal positiv buat diri kita.

    ReplyDelete
  28. Terimakasih, semoga bermanfaat

    ReplyDelete