3.6.20

Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran

Elvira Julia/19310410075 
Psikologi Sosial I
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA. 


Masyarakat Indonesia tidak lepas dari smartphone khususnya kalangan remaja. Apa yang menyibukkan mereka? Tidak lain adalah dunia online, dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga pesan instan seperti Line, Whatsapp, WeChat, dan BBM. Remaja Indonesia bisa dibilang sangat mendominasi jumlah pengguna layanan internet. Hasil riset yang dilakukan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Indonesia bersama Yahoo menunjukkan, kalangan remaja usia 15-19 tahun mendominasi pengguna internet di Indonesia (64%).


Lalu apa itu media sosial? Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan & Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".


Dalam dunia pendidikan, media sosial banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Seperti dimanfaatkan untuk mencari bahan ajar, digunakan sebagai media pembelajaran, sebagai media dalam mengirim tugas, forum diskusi, dan lain sebagainya, dikarenakan media sosial mampu mengkomunikasikan  informasi antar jaringan komputer yang terpisah jarak dan waktu, serta tidak jarang media sosial dimanfaatkan dalam kegiatan belajar dan mengajar jarak jauh.

Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran mulai banyak diterapkan. Contoh penggunaan media sosial yang sering digunakan dalam pembelajaran seperti mengirim tugas menggunakan layanan e-mail yang disediakan oleh Yahoo dan Google. Mengirim tugas kuliah menggunakan metode ini dirasa sangat membantu, karena selain hemat kertas, hemat waktu, metode ini juga mempermudah pengirimnya mengirim file dari lokasi manapun tanpa perlu betatap muka secara langsung. Selain pemanfaatan e-mail, yang paling sering digunakan dikalangan pelajar atau mahasiswa adalah fasilitas group yang disediakan oleh beberapa aplikasi chatting di media sosial.

Salah satu keunggulan media sosial yaitu mempunyai karakteristik yang disebut evolusi, revolusi dan kontribusi. Media Sosial disebut; 

1. Evolusi karena dia menunjukkan perkembangan baru dari cara seseorang berkomunikasi misalnya dengan e-mail.

2. Revolusi, karena untuk pertama kali dalam sejarah komunikasi, kita semua memiliki akses yang sangat bebas, komunikasi dapat dilakukan secara instan dan mengglobal.

3. Sebagai kontribusi karena kehadiran media sosial dapat membedakan kemampuan setiap orang untuk berbagi dan berkontribusi pesan kepada sasaran (Schaefer dalam Liliweri 2015).

Referensi :

Sriwahyuni dkk, 2019. ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMUN 1 MAKASSAR. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume II, No. I, Feburari 2019, hlm 54-63

Aspari, 2016. Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Masyarakat Modern. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2016

Rianingtias dkk. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIALTERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Referensi Gambar :

NurAini,2019. https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/ppmwvm382 (diakses pada 2 Juni 2020)

James Herrick, 2010.
https://www.google.com/amp/s/www.ht2labs.com/why-social-learning-platform-important/amp/  (diakses pada 2 Juni 2020) 


0 comments:

Post a Comment