3.6.20

COVID-19: MANFAAT MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PEMASARAN

Exwati Miatari/ 19310410030
Fakultas Psikologi
Universitass Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Arundhati Shinta, M.A.
Pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen jika dilakukan pemanfaatan melalui media sosialwebsite, email, bahkan augmented reality. Hal ini dapat dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui media online. Banyaknya aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia internet, membuat banyak sekali pemilik bisnis yang mengandalkan cara ini untuk meningkatkan nilai jual produknya. Satu posting-an di internet dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Jadi, dari mana pun Anda berbisnis, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global jika telah memasuki dunia internet.
Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pandemi virus Corona seakan memukul’ beragam usaha, mulai dari toko tradisional, swalayan, restoran kafe, salon hingga mal. Bahkan, berdampak pada berbagai bisnis lainnya dengan melakukan efisiensi karena minimnya pemasukan. Dalam situasi dan kondisi ini, pemanfaatan aplikasi digital menjadi solusi untuk tetap menunjang bisnis agar tak terjungkal dalam kemiskinan selama masa pandemi. Kondisi pandemi ini, pedagang online justru akan mengalami ‘kebanjiran’ orderan. Imbauan social distancing dan work from home membuat pelanggan ‘lari’ belanja ke platform online, sebab banyak sekali keuntungan yang di dapat ketika melakukan pembelanjaan secara online. Terlebih, pelanggan tidak perlu untuk pergi keluar rumah untuk mendapatkan barang yang ia inginkan, mereka cukup membelinya melalui media online.
Dengan adanya pandemi ini, banyak masyarakat yang memanfaatkan moment tersebut untuk melakukan jual beli secara online. Karena selain dapat mengisi kekosongan waktu, hal tersebut juga dapat memberikan keuntungan bagi para penjual online. Sebab tak perlu banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika melakukan perdagangan secara online. Selain itu, barang yang kita pasarankan melalui media online juga sangat mudah untuk proses penyebarannya. Berikut manfaat-manfaat media online sebagai media pemasaran.
1. Menunjukkan dan membangun keahlian. Bagi pembeli jasa profesional, satu faktor terpenting dalam memilih penyedia adalah keahlian. Seringkali, tantangannya bukan pada perolehan talenta yang dibutuhkan, namun memproyeksikan keahlian itu ke pasar. Web adalah platform yang hebat karena memungkinkan anda menggunakan konten untuk menyampaikan pesan dan menunjukkan keahlian dalam topik yang relevan dengan audiens target. Anda juga dapat melakukannya secara offline, namun alat online mempermudah penayangan yang luas dan relevan. Blogging, media sosial, dan webinar semuanya memungkinkan untuk mendidik audiens anda mengenai topik yang penting bagi mereka, yang menggambarkan keahlian anda dalam prosesnya.
2. Membangun hubungan dengan lebih efektif. Pemasaran online memungkinkan anda menciptakan hubungan baru dengan cara yang ditargetkan yang tidak mungkin dilakukan dua puluh tahun yang lalu. Pemasaran email, penargetan frase kata kunci , dan strategi lainnya dapat membantu menargetkan pesan yang disesuaikan dengan presisi laser, katakanlah, CIO dari seratus bisnis terbesar di industri anda. Selain menargetkan pesan, Anda dapat menggunakan Kelompok Sosial untuk menjalin jaringan dan berkomunikasi dengan pemimpin industri lainnya secara terus-menerus. alat online memungkinkan untuk bertemu dengan klien, kolega, dan influencer baru, dan memperkuat hubungan dengan orang-orang yang sudah anda kenal.
3. Lebih murah untuk digunakan. Dengan pemasaran online, tidak ada biaya perjalanan, dan tidak perlu membayar untuk mencetak materi. Biaya server, sebaliknya, relatif rendah. Beberapa biaya iklan dapat digantikan dengan alat pemasaran online juga dan alat online ini biasanya “menarik lebih banyak bobot” dengan mengintegrasikan program pemasaran online secara keseluruhan. Pos tamu di blog industri atau publikasi, misalnya, dapat mengarahkan lalu lintas ke situs milik anda, membangun reputasi, dan memicu percakapan di media sosial.
4. Menjangkau influencer dan prospek “tak terlihat”Ada banyak orang yang mempengaruhi proses seleksi, bahkan jika mereka mungkin bukan pengambil keputusan akhir. Beberapa individu ini mungkin profesional di dalam perusahaan target anda, sementara yang lain mungkin merupakan tokoh industri yang sangat dihormati. Dengan cara yang sama, penjual mungkin memiliki prospek yang tidak dikenal atau “tak terlihat” di luar sana yang sama sekali tidak di sadari. Anda mungkin tahu bahwa perusahaan tertentu akan cocok untuk layanan anda, namun biasanya ada orang lain yang sama-sama menjanjikan kecocokan.Dengan menggunakan pemasaran konten , mereka dapat menemukan anda, bahkan jika anda tidak menemukannya. Posting posting blog pada serangkaian tantangan atau peluang tertentu dan termasuk frasa kata kunci yang tepat sehingga mesin pencari menangkapnya dan memungkinkan Anda untuk “menanam bendera” dalam topik ini, membantu khalayak yang tepat menemukan pekerjaan dan firma anda.
5. Meraih keuntungan lebih besar. Perusahaan dengan program pemasaran online lebih menguntungkan, rata-rata, daripada mereka yang tidak menggunakannya. Sampai sekitar dua puluh persen prospek dihasilkan secara online, profitabilitas tetap kurang lebih sama. Tapi setelah dua puluh persen, profitabilitas mulai meningkat dengan mantap seiring dengan persentase prospek yang dihasilkan secara online seperti cara untuk memulai bisnis makanan.
6. Mencapai pertumbuhan lebih cepat. Perusahaan yang menghasilkan prospek online tumbuh pada tingkat yang lebih cepat. Kami menemukan bahwa tingkat pertumbuhan perusahaan meningkat seiring dengan proporsi prospek yang dihasilkan secara online, sampai titik di mana empat puluh persen atau lebih prospek berasal secara online. Perusahaan yang menghasilkan antara empat puluh lima puluh sembilan persen prospek online meningkat empat kali lipat dari jumlah yang tidak memiliki prospek online. Pemasaran online menyediakan seperangkat alat canggih untuk membantu meningkatkan jangkauan dan reputasi perusahaan.Dengan sepenuhnya memanfaatkan keuntungan dari pemasaran online melalui alat seperti pemasaran konten, media sosial, pemasaran email, video online, dan banyak lagi seperti pemasaran secara produktif dan kreatif.
Dari penjelasan diatas, banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika masyarakat memilih media online sebagai media pemasaran. Terlebih dengan adanya pandemi ini, banyak sekali masyarakat yang enggan keluar rumah dan akan lebih memanfaatkan media online untuk melakukan jual beli. Karena dengan melakukan jual beli secara online masyarakat tidak perlu untuk keluar rumah untuk mendapatkan barang yang ia inginkan. Pelanggan cukup menunggu dirumah, maka barang yang ia pesan akan diantarkan. Selain itu, dengan adanya pandemi ini, masyarakat dapat lebih memanfaatkan media online sebagai sarana lapangan kerja baru ketika diberlakukannya social distancing dan work from home.
Daftar pustaka:

Maharani, Hafsah. 2020. Di Tengah Corona, Aplikasi Digital Solusi Bisnis Tak Terjungkal. https://upeks.co.id/2020/04/29/di-tengah-corona-aplikasi-digital-solusi-bisnis-tak- terjungkal/. Diakses ( 02 Juni 2020)

Desra. 2019. Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemasaran Online. https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-manfaat-pemasaran-online/. Diakses (03 Juni 2020).

Nesa, Artika. 2018. 10 Manfaat Pemasaran Online Yang Wajib Di Ketahui.  https://dosenekonomi.com/bisnis/bisnis-online/manfaat-pemasaran-online. Diakses (03 Juni 2020).

 

 Sumber Gambar :




0 comments:

Post a Comment