7.5.20

PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN


Phrahasti Sito Resmi / 19310410038
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta, MA




Secara keseluruhan motivasi kerja sangat berpengaruh bagi kinerja karyawan. Pengaruh motivasi kerja terhadap karyawan dengan disiplinnya bekerja dan akan menghasilkan kepuasan tersendiri dalam kerja bagi karyawan. Karena pengaruh motivasi kerja ini dapat meningkatkan kinerja karyawan serta menghasilkan hasil yang optimal. Bahwa motivasi kerja menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap karyawan kerja. Motivasi merupakan salah satu aspek yang penting dalam kinerja karyawan yang mendorong dan mendukung perilaku manusia supaya bekerja dengan giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Maka dari itu manusia harus dapat menumbuhkan motivasi kerja dalam dirinya bagi para karyawan karena untuk tercapainya suatu tujuan. Dengan motivasi kerja terciptanya gairah bekerja sehingga produktivitas dan kreativitas dalam kerja meningkat.
Dalam suatu perusahaan pasti akan membutuhkan karyawan sebagai tenaga kerjanya guna meningkatkan perusahaan untuk mencapai target yang diinginkan. Karena karyawan merupakan sumber daya manusia yang sangat penting bagi perusahaan  yang mempunyai akal, pikiran, bakat, kreativitas, dan tenaga yang dibutuhkan untuk mengerjakan semua pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Semakin baik kinerja karyawan dalam perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan, dan jika semakin rendah kinerja karyawan akan menurunkan kinerja perusahan. Banyak hal yang harus diperhatikan terkait dengan peningkatan kinerja, kinerja yang baik merupakan salah satu sasaran organisasi dalam mencapai produktivitas kerja yang tinggi.

Tercapainya kinerja yang baik tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia yang baik pula. Kinerja ialah tingkatan keberhasilan seseorang secara keseluruhan dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau criteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh  Iskandar & Sembada (2012), membuktikan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai bank. Dan penelitian Shati & Dewi (2014) menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh signitifikan terhadap kinerja pegawai Perusahaan Daerah Pariwisata. Semakin kuat motivasi kerja maka kinerja pegawai akan semakin tinggi, setiap peningkatan motivasi karyawan akan memberikan peningkatan yang sangat berarti bagi kinerja karyawan.
Apabila perusahaan ingin meraih kinerja yang optimal dan sesuai dengan target yang telah ditentukan maka perusahaan harus memberikan motivasi pada karyawan. Dalam memotivasi karyawan itu tidak mudah karena dalam diri karyawan terdapat keinginan, kebutuhan dan harapan yang berbeda antar satu karyawan dengan karyawan lainnya. Apabila dapat memahami persoalan dan bisa mengatasinya maka perusahaan akan mendapatkan kinerja karyawan yang optimal sesuai dengan standar yang ditentukan.





Refensi :
Iskandar, S., & Sembada, G. G. (2012). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank BJB Cabang Padalarang.Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 6(1), 26-38.
Rivai, V. & Sagala, E. J. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali Pers.
Shati, I. L., & Dewi, A. M. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Pada Perusahaan Daerah Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 8(1), 15-26.

0 comments:

Post a Comment