8.5.20

Aksi Sosial Peduli Terhadap Sesama


Aksi Sosial Peduli Terhadap Sesama
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Ahmad Prasetiyo / 19310410029

            Betapa kita ketahui saat ini hampir seluruh belahan dunia sedang dilanda dengan musibah. Musibah tersebut yaitu menyebarnya wabah Virus Corona atau yang biasa disebut dengan Covid-19. Hingga kini belum tampak obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Kondisi di beberapa negera bahkan sudah melakukan pemblokiran orang-orang yang masuk maupun keluar dari negara tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu cara efektif untuk membatasi ruang gerak manusia yang terinfeksi agar tidak menularkannya ke orang-orang lain yang sehat ( dalam, hajifuroda.id ).

            Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Virus Corona adalah kelompok virus yang umumnya menjangkiti hewan. Hanya dalam kasus yang jarang terjadi dapat ditularkan pada hewan ke manusia, seperti yang terjadi di Wuhan, China. WHO menyatakan Virus Corona ini dapat menyebar dari kontak manusia dengan hewan dan manusia dengan manusia. Hingga saat ini belum diketahui hewan apa yang menyebarkan virus tersebut. Dugaan sementara mengarah pada ular dan kelelawar ( dalam, hajifuroda.id ).

            Memang luar biasa dampak ekonomi penyebaran Virus Corona. Jutaan orang terancam menjadi pengangguran. Semua keputusan pemerintah sangat tergantung pada data kenaikan atau penurunan data orang yang terdampak. Dampak perekonomian juga dirasakan bagi kelompok menengah ke bawah akan sangat besar. Ekonomi mereka yang setiap harinya hanya ditopang oleh pendapatan pada hari itu juga. Pemasukan menjadi sangat rentan karena ketika mereka tidak bekerja, maka pendapatan mereka juga tidak ada.

          
Bentuk kepedulian kami sebagai Karang Taruna Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta adalah dengan menyalurkan paket sembako. Bantuan berupa paket sembako tersebut kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kami juga menyalurkan kepada panti asuhan/yayasan di wilayah Mantrijeron Yogyakarta. Yayasan yang menjadi sasaran kami adalah Yayasan Yaketunis.

             Yayasan Yaketunis adalah Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam yang beralamat di Jalan Prangtritis No.46 Yogyakarta. Yayasan ini didirikan berdasarkan Firman Alloh SWT dalam Al-Qur’an Surat ‘Abasa ayat 3 dan 4 yang menjelaskan bahwa tunanetra memiliki potensi untuk diberikan pendidikan dan pengajaran dibidang mental, spiritual, agama, dan ketrampilan, kecerdasan serta ilmu pengetahuan sehingga perlu didirikan lembaga atau yayasan sebagai sarana atau wadah untuk melaksanakan dan mengamalkan ayat tersebut ( dalam, yaketunis64.blogspot ).

            Kami sangat senang bisa menyalurkan bantuan sembako di Yayasan Yaketunis. Kami juga berharap semoga bantuan yang kami salurkan tersebut dapat bermanfaat. Kami juga mengimbau kepada Yayasan Yaketunis agar para siswanya tetap melaksanakan anjuran pemerintah. Anjuran pemerintah tersebut yaitu menerapkan physical dan social distancing, agar tetap aman terhindar penularan Covid-19 serta mengikuti prosedur-prosedur PSBB. Jika tidak ada keperluan keluar rumah, lebih baik di rumah saja. Jika memang terpaksa ada hal mendesak untuk keluar rumah, selalu gunakan masker dan lindungi diri sendiri.



            Daftar Pustaka :

10 comments:

  1. Artikelnya keren kak

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat menarik kak

    ReplyDelete
  3. Semoga wabah pandemi ini segera hilang

    ReplyDelete
  4. Kepedulian terhadap sesama untuk memberikan donasi telah terihat baik, namun peran setiap pribadi individu ini dalam peran mematuhi aturan untuk pencegahan virus corona ini bagaimana? Apakah hanya mengandalkan himbauan itu saja dan melakuakan donasi saja?.Menurut anda perlukah sikap kepribdian individu itu untuk menangani permasalahn pada virus ini pada dirinya dan lingunganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya kakk. Baik, jadi menurut saya peran individu sendiri untuk menangani permasalahan pada virus ini sangat perlu yaa. Contoh sikap yang harus di bangun dari setiap individu sendiri adalah yang pertama mungkin kesadaran akan bahaya virus ini. Jika seorang individu itu sadar akan bahaya virus ini, sudah seharusnya seorang individu perlu utk mematuhi prosedur2 pencegahan pada virus corona ini. Salah satu pencegahannya yaitu memberlakukan physical dan social distancing, gunakan masker ketika bepergian, rajin2 mencuci tangan sebelum atau sesudah masuk rumah atau tempat2 umum.

      Delete
  5. Semoga kebaikan mas pras dibalas oleh Allah SWT dan menjadi contoh yang baik semangat

    ReplyDelete