16.5.20

MANFAAT BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
Phrahasti Sito Resmi / 19310410038
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta., MA



Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar dalam hal persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan penanganan transaksi antara perusahaan dengan konsumen dan perusahaan dengan perusahaan lain. Persaingan yang bersifat global dan tajam menyebabkan terjadinya penciutan laba yang diperoleh perusahaan-perusahaan yang memasuki persaingan tingkat dunia. Hanya perusahaan yang mempunyai keunggulan yang mampu memuaskan atau memenuhi kebutuhan konsumen, mampu menghasilkan produk yang bermutu, dan cost effective.
Selama ini yang umum digunakan dalam perusahaan adalah pengukuran kinerja tradisional yang hanya menitikberatkan pada sektor keuangan saja. Pengukuran kinerja dengan sistem ini menyebabkan orientasi perusahaan hanya pada keuntungan jangka pendek dan cenderung mengabaikan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Pengukuran kinerja yang menitikberatkan pada sektor keuangan saja kurang mampu mengukur kinerja hartaharta tak tampak (intangible assets) dan harta-harta intelektual (sumber daya manusia) perusahaan. Selain itu pengukuran kinerja dengan cara ini juga kurang mampu bercerita banyak mengenai masa lalu perusahaan, kurang memperhatikan sektor eksternal, serta tidak mampu sepenuhnya menuntun perusahaan ke arah yang lebih baik.
Dalam pengukuran kinerja ada balanced scorecard yang dapat maka dijelaskan bahwa Balanced Scorecard adalah sistim manajemen, untuk mengukur dan mengendalikan secara cepat, tepat serta komprehensif, dan memberikan pemahaman pada manajer tentang performa bisnis, melalui pengukuran kinerja berdasarkan empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta proses pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced Scorecard menyampaikan visi, misi dan strategi dari tingkat pimpinan sarnpai pada tingkat pelaksana, dan menyampaikan tujuan perusahaan kepada semua karyawan.
Manfaat  Balanced Scorecard Menurut Kaplan dan Norton (2002) balanced scorecard sebagai sebuah sistem manajemen strategis dapat menyediakan framework untuk menerjemahkan strategi organisasi menjadi istilah-istilah yang operasional dan dapat dilaksanakan. Balanced scorecard dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai proses manajemen yang penting, yaitu:
  1. Memperjelas dan menerjemahkan visi, misi dan strategi. 
  2. Mengkomunikasikan dan mengaitkan berbagai tujuan dan ukuran strategis.
  3. Merencanakan, menetapkan sasaran dan menyelaraskan berbagai inisiatif strategis. Balanced Scorecard berguna untuk mengaitkan berbagai tujuan strategis dengan sasaran jangka panjang dan anggaran tahunan serta mengidentifikasi dan menyelaraskan berbagai inisiatif startegi.
  4. Meningkatkan umpan balik dan pembelajaran startegis.  









Referensi :
Kaplan, R. S. dan David P. Norton. 2000. Balance Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan: Pasla Yosi Peter R. Penerbit Erlangga. Jakarta.

R Dewi, 2019, Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard, Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 881 - 894 Volume 4, Nomor 1




0 comments:

Post a Comment