6.5.20

Kesenjangan Ekonomi Menjadi Pemicu Terjadinya Problem Social

Mita Dwi Wijayanti (19.310.410.037)
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 
Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M.A.


      Seperti yang kita ketahui di Indonesia telah dihebohkan dengan adanya Pandemi Covid 19. Covid 19 ini terus mewabah dengan penyebaran hampir diseleruh Indonesia. Dampak yang ditimbulkan karena Covid 19 ini cukup besar salah satunya adalah berhasil melumpuhkan perekonomian dalam negeri dan kerugian-kerugian besar mulai terjadi. Beberapa wilayah di Indonesia pun tampak lengah, karena banyak pertokoan yang telah ditutup dan terjadi pembatasan jumlah orang berkumpul. Akibatnya, beberapa pihak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Adanya corona virus ini juga mengakibatkan sektor-sektor perekonomian mulai melemah banyak orang kehilangan pekerjaan dan mata pencarian mereka. Tidak hanya itu pemasukan negara pun berkurang. Negara juga harus melakukan pengeluaran yang cukup besar untuk diberikan pada wilayah yang terdampak Covid 19. Dari hal tersebut menjadikan angka kemiskinan dan angka pengangguran dalam negeri bertambah. Akibatnya akan muncul kesenjangan ekonomi. Kesenjangan ekonomi merupakan keadaan ketimpangan penghasilan antara kelas atas dan kelas bawah sangat tinggi. 

     Dengan adanya kesenjangan ekonomi, banyak orang kurang mampu yang pada akhirnya akan berbuat tindak kriminal, seperti menjadi begal, menjadi rampok. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar mereka bisa bertahan hidup atau bahkan bisa menghidupi keluarganya. Masalah-masalah tersebut menjadi hal yang perlu ditanganj pada saat ini. Sehingga timbul pertanyaan akankah hal tersebut bisa dijadikan problem social di negara kita pada saat ini? Jawabannya adalah iya. Mengapa demikian? Karena salah satu pemicu terjadinya problem social adalah terganggunya perekonomian dan timbulnya masalah seperti kemiskinan dan pengangguran. Menurut Arnold Rose yang tertera dalam buku nya menjelaskan bahwa masalah sosial adalah situasi yang yang tidak diinginkan dan dianggap akan mempengaruhi pada keadaan masyarakat yang akhirnya kondisi terbut haruslah diberikan upaya pengubahannya. 

     Untuk itu, semoga Pandemi ini cepat berlalu sehingga kehidupan mulai membaik dan sektor-sektor perekonomian segera pulih. Sehingga permasalah-permasalahan seperti kemiskinan dan pengangguran akan segera terselesaikan. 


Referensi:
https://dosensosiologi.com/pengertian-masalah-sosial-menurut-para-ahli-dan-cara-mengatasinya-lengkap/ (diakses pada 6 Mei 2020)

8 comments: