4.5.20

Apa Kegunaan Training Untuk Para Karyawan?


Exwati Miatari/19310410030

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.



Traning atau pelatihan adalah kegiatan yang direncanakan untuk meningkatkan kinerja pekerja dalam pekerjaan yang diserahkan kepada mereka. Traning berlangsung dalam jangka waktu pendek antara dua sampai tiga bulan. Training dilakukan secara sistematis, menurut prosedur yang terbukti berhasil, dengan metode yang sudah baku dan sesuai, serta dijadikan secara sungguh-sungguh dan teratur. Traning berkaitan dengan yang ditangani.
Bagi pekerja baru, traning diberikan untuk membantu pekerja dalam mendapatkan dan menguasai kecakapan dan keterampilan dalam bidang kerja, misalnya mengoperasikan computer atau mesin. Bagi pekerja lama traning diberikan bila ada perubahan tata kerja atau penggantian alat kerja. Misalnya perubahan sistem alat kerja tangan seperti mesin ketik dengan alat kerja elektronik seperti komputer. Meskipun pada umumnya traning diberikan kepada pekerja operasional dan manual, namun tak terbatas bagi mereka saja. Pekerjaan manajerial pun tidak jarang memerlukan traning misalnya bidang manajemen baru atau prosedur kerja baru sebagai akibat penggunaan teknologi kerja yang baru. Degan mendapatkan pelatihan yang sesuai, pekerja diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kerja mereka. Berkat pelatihan itu kepercayaan diri dan semangat kerja pekerja dapat ditingkatkan.






Namun perlu diketahui, bahwa traning diberlakukan juga memiliki kegunaan untuk para karyawan. Bahkan ada hal-hal yang sangat penting ketika kita melakukan traning. Bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kwalitas dari para karyawan itu sendiri. Ada beberapa hal yang dapat berguna, ketika dilaksankan kegiatan traning untuk para karyawan. Berikut adalah kegunaan traning untuk para karyawan.

1. Menemukan Potensi Karyawan

Dalam banyak kasus, di beberapa perusahaan banyak pemimpin yang bersembunyi di belakang tenaga kerja mereka. Beberapa karyawan mungkin mendambakan peran pemimpin di dalam bisnis. Namun, karena tidak ada pengembangan kepemimpinan program yang dilakukan, mereka tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka atau mengembangkan keterampilan mereka yang tersembunyi. Membiarkan karyawan anda untuk mengikuti program ini mungkin bisa membantu anda mengenali pemimpin masa depan dalam tenaga kerja anda saat ini. Beberapa individu hanya memerlukan seseorang untuk mempercayai mereka untuk mengembangkan keterampilan, dan karyawan anda akan menunjukkan kepada mereka bahwa anda melakukan investasi dalam keyakinan ini.

2. Keluar dengan praktek lama

Melatih para karyawan anda akan memberikan mereka kesempatan untuk memahami perkembangan terbaru dan tren dalam industri anda. Apakah itu mesin baru atau alat media sosial baru, dunia terus berkembang. Jika anda membantu karyawan anda mengejar ketertinggalan mereka dengan perubahan ini, anda pasti akan mengarahkan diri terlepas dari persaingan anda. Belajar untuk menggunakan alat-alat baru dan mengembangkan strategi baru akan memungkinkan karyawan anda mengambil pekerjaan yang lebih menantang dan peran yang lebih tinggi di dalam bisnis.

3. Belajar seumur hidup

Dengan mengembangkan keterampilan tenaga kerja anda melalui program kepemimpinan, dalam diri mereka akan berkembang biak semangat belajar seumur hidup. Dalam dunia teknologi yang terus berubah dan selalu ada sesuatu yang harus dipelajari dalam bisnis. Belajar seumur hidup akan mendorong belajar secara mandiri dalam setiap individu untuk mengembangkan diri mereka sendiri dengan berbagai mata pelajaran dan bidang, mereka akan mendirikan sebuah cinta untuk belajar dan pengembangan diri.

4. Kurang Konfrontasi

Dalam suasana training anda dapat membahas permasalahan yang mungkin dimiliki karyawan anda. Berikan masing-masing individu (tanpa melihat peran mereka dalam perusahaan) kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka. Dengan cara ini, konfrontasi di tempat kerja akan menurun karena karyawan akan menyadari kenyataan bahwa mereka bisa berbagi permasalahan mereka di training berikutnya atau sesi perkembangan, dan bahkan periode di antara keduanya. Sesi ini juga akan memungkinkan para karyawan untuk bersantai dan mendiskusikan bagaimana cara menurunkan stres di tempat kerja.

5. Meningkatkan Produktivitas

Pengembangan dan training karyawan akan menyebabkan peningkatan produktivitas. Karyawan Anda tidak hanya akan mampu berbuat lebih banyak dan lebih memahami, tetapi mereka akan memperoleh kepercayaan diri dalam pekerjaan mereka karena kemampuan mereka telah dikembangkan.

6. Memahami Harapan

Program pengembangan dan training karyawan akan memberikan anda, pemilik, atau pengelola perusahaan beberapa pemahaman tentang harapan yang mungkin diinginkan karyawan anda. Dengan cara ini, anda bisa meminimalkan perasaan kecewa mereka, dan meningkatkan loyalitas mereka dengan cara mengelola harapan tersebut.

7. Merevisi visi dan sasaran Anda

Program pengembangan kepemimpinan dan kesempatan training ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk mengingatkan karyawan anda tentang tujuan jangka panjang yang ingin perusahaan anda capai.Ingatkanlah tenaga kerja anda tentang apa tujuan anda dan bagaimana anda ingin mengarahkan hasil yang diinginkan. Juga termasuk bagaimana keberhasilan perusahaan akan menguntungkan setiap individu di dalam bisnis. Secara keseluruhan, pengembangan karyawan dan program training memiliki multi manfaat bagi perusahaan anda pilihan tersebut layak dipertimbangkan jika anda mencari untuk memastikan kelancaran dan kepuasan karyawan.
Oleh karena itu, banyak sekali hal-hal yang bisa kita dapatkan ketika mengikuti traning. Traning merupakan hal yang penting didalam perusahaan, khususnya untuk para karyawan. Karena dengan begitu, banyak sekali poin-poin yang akan kita dapatkan untuk meningkatkan kwalitas dalam kinerja kita. Terlebih traning juga dapat diikuti untuk karyawan lama, bukan hanya untuk karyawan yang baru saja.





Referensi :
Drs. Agus M. Hardjana, M.Sc., Ed. (2001). ‘Traning SDM Yang Efektif’. Yogyakarta: Kanisius. Yogyakarta.
Uvi.co.id. 23 April 2019. Manfaat Traning Bagi Karyawan Perusahaan, (online), (https://uvi.co.id/manfaat-training-bagi-karyawan-perusahaan/, diakses pada 4 Mei 2020)

Sumber Gambar :



2 comments: