18.4.20

KARYAWAN BARU TAKSELALU DI PANDANG NEGATIVE


Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi
Semester Genap 2019/2020
ANDRI WIJAYANTO
19310410023
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 Sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, terkadang  terasa asik atau bisa juga terasa asing. Beberapa orang menandai momen ini sebagai momen spesial karena disini mereka memasuki lingkungan baru, bertemu dengan orang baru, dan mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru. Namun, beberapa orang memaknainya sebagai sesuatu yang sangat menakutkan untuk bertemu dan membuka pergaulan dengan orang baru . Untuk itu kita harus cepat  menyesuaikan diri dengan perusahaan buat.  kesan pertama masuk kerja yang baik. Jangan sampai mendapat nilai buruk dari atasan.

 Untuk membuat kesan pertama yang baik kenali semua orang di perusahaan .bersikap ramah kepada semua orang. Karena Keramahanmu ini akan secara alami menciptakan keakraban dengan rekan kerjamu. Banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan dari keakraban yang terbentuk disini. Kamu akan lebih mudah mendapat bantuan untuk lebih mengerti seluk beluk dan struktur kantor. Selain itu, kamu akan lebih mudah untuk berbagi pengetahuan yang kamu perlukan untuk menunjang pekerjaanmu.

 Kita juga harus mempunyai Inisiatif yang tinggi .karena tidak semua karyawan baru beruntung memiliki atasan yang mau membimbing dan mengarahkan step by step. Oleh karena itu, kita lah yang harus memiliki inisiatif untuk mencari tahu. Paling dekat,  bisa bertanya kepada rekan satu divisi. Namun ingat, jangan sampai kita terlampau ambisius sehingga mengganggu pekerjaan rekanmu. Selain bertanya, kamu bisa mencoba untuk mencari lebih dalam secara otodidak dari contoh data pekerjaan yang diberikan kepadamu. Dengan begitu, atasanmu akan mengapresiasi inisiatifmu untuk lebih mengenal pekerjaanmu.

  Lakukann pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik di dalam perusahaan. Kita harus memiliki gairah terhadap pekerjaan serta kemauan untuk melawan sekaligus menghindari frustasi. Jika tidak memiliki kesadaran untuk menjaga dirimu dari frustasi, bukan tidak mungkin kamu mengalami stres di awal periode kerjamu.kita harus mencari motivasi atau memperjelas tujuan bekerja serta merealisasikan kemauan untuk menggapainya. Dengan begitu semangat bekerjamu akan muncul secara alami.

 Dalam bekerja jangan memaksakan mengerjakannya sendiri. Cobalah untuk bertanya apa yang menjadi kendala Anda. Sebagai karyawan baru, atasan pasti memahami hal tersebut. Jika Anda malu bertanya hanya akan membuat atasan merasa bahwa Anda telah membuang-buang waktu dalam menjalankan tugas.




Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan evaluasi kinerja. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Wijayanti, A. & wimbarti, S. (2012). Evaluasi dan pengembangan sistem penilaian kinerja pada PT HKS. Jurnal psikologi Undip. 
https://resources.urbanhire.com/metode-evaluasi-kinerja-pada-karyawan-baru/ 
Gambar :
https://www.google.com/amp/s/www.finansialku.com/proses-orientasi-dan-sosialisasi-bagi-karyawan-baru/amp/ 

2 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik, sukses selalu kak 🙏

    ReplyDelete
  2. Isi artikel menarik. Buat penulisan artikel agar mencantumkan referensi pada naskah sesuai ketentuan penilaian Ujian. Lanjutkan Mas

    ReplyDelete