17.3.20

pergantian pengurus RT


Terlibat dalam kegiatan positif di lingkungan
Fakultas psikologi universitas proklamasi 45

Psikologi lingkungan: pergantian pengurus RT
Rr.sekarlangit ayuningtyas
18.310.410.1179



Bebearapa waktu yang lalu melalui proses musyawarah dalam kegiatan di beberapa Rukun Tetangga (RT) di sekitar perumahan  berlangsung dengan mencapai mufakat untuk pergantian jabatan Ketua RT dan pengurusnya yang sudah berakhir masa jabatannya.  Untuk jabatan Ketua RT 02/RW 03 semulai dijabat oleh H sekarang diganti oleh S, sedangkan untuk jabatan ketua RT 03/RW 03 semula dijabat oleh T sekarang dijabat oleh  R.
Pemerintah Desa melalui Kepala Dusun (kadus) menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja-kerja dan tugas-tugas baik dalam membantu pelayanan pemerintahan desa maupun dalam kemasyarakatan selama ini.  Dari pemerintah desa tidak dapat berbuat banyak untuk memberikan penghargaan selain ucapan terimakasih karena  menjadi Ketua RT atau RW terkadang lebih banyak mengenaskan ketimbang menjadi pejabat publik lainnya.
Jika desa lebih banyak memerankan tugas pembantuan maka RT dan RW pun berperan hampir sama dengan pemerintah desa, banyak melakukan tugas pemerintahan mulai dari urusan surat keterangan atau pengantar untuk pembuatan KTP, pengantar SKCK dan lainnya sampai hal-hal kemasyarakatan seperti adanya perselisihan antar keluarga, sehingga sesungguhnya sangat wajar apabila mendapatkan bagian insentif dalam menjalankan roda kegiatan di RT dan RW. 

 Di beberapa  desa ada yang memberikan insentif berupa uang bulanan, ada yang lahan garapan tanah kas desa, walau pada kenyataannya dana-dana tersebut dikumpulkan untuk kas RT atau RW.
Selamat bertugas untuk ketua RT yang baru, semoga pengabdian yang disumbangkan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemajuan warga dan kerukunan warga.

0 komentar:

Posting Komentar