17.3.20

Field Study Rumah Sakit Jiwa Ghrasia Yogyakarta


KULIAH LAPANGAN DI RSJ GRHASIA YOGYAKARTA


Oleh: Hesmi Nuhidayatun
Nim: 183104101186
Mata Kuliah: Psikologi Abnormal
Dosen Pengampu : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A

Sabtu 7 maret 2020 sebanyak 64 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melakukan kegiatan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta. Dimulai pada pukul 08.00 wib seluruh mahasiswa Universitas Proklamasi berkumpul di gedung utama Rumah Sakit jiwa Grhasia guna untuk mendapatkan informasi mengenai aturan dan tata tertib  yang ada di Rumah Sakit Grhasia, selain itu juga mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mendapatkan informasi mengenai berbagai macam gangguan abnormal yang dapat di alami oleh setiap Individu.


Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta  memiliki Motto “Melayani Dengan Senyum” ini memiliki kapasitas 413 kamar tidur, 452 pegawai diantaranya, 317 pegawai PNS, 24 pegawai tenaga bantuan atau NABAN, 39 pegawai Kontrak, 72 pegawai Oc. Rumah Sakit Ghrasia Yogyakarta saat ini memiliki 2 Psikolog.

Aril Halida , S.Psi., M.Psi. selaku Psikolog di Rumah Sakit Jiwa Grhasia menuturkan beberapa gangguan jiwa yang dapat di alami setiap individu  maupun saat masih usia balita abnormalitas tidak hanya di sebabkan oleh satu faktor namun juga di sebabkan oleh faktor secara sosial.
Gangguan gangguan tersebut meliputi Anxiety,Depresi,OCD,Bipolar,dan Paranoid untuk paranoid sendiri  apabila pasien yang masuk ke dalam kategori paranoid mencapai F.20.1 maka pasien tersebut masuk ke dalam kategori paranoid parah.

Aril Halida, S.Psi., M.Psi. juga menuturkan bahwa dalam setiap tubuh manusia terdapat hormon Norepinephrine hormon tersebut apabila turun dapat mempengaruhi tingkat depresi, selain itu terdapat hormon Dopamin atau hormon pengendali emosi saat hormon ini di lepaskan akan meningkatkan suasana hati, namun apabila kekurangan hormon dopamin dapat membuat susana hati menjadi turun selain itu kekurangan hormon dopamin dapat meningkatkan resiko depresi.

Dalam melakukan kunjungan di Rumah Sakit Jiwa Ghrasia Yogyakarta ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Fakultas Psikologi,  mahasiswa dapat melihat secara langsung berbagai macam gangguan yang di alami oleh pasien di Rumah Sakit Jiwa.

0 comments:

Post a Comment