22.3.20

Covid-19 : Work From Home ?


Covid-19 : Work From Home ?


Nama : Elvira Julia (19310410075)
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro, S.PSI., M.A.
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Covid-19 (Corona Virus Disease) yang dapat menyebabkan penyakit  pada manusia ataupun hewan.  Manusia yang terjangkit virus ini akan menunjukkan tanda-tanda penyakit infeksi saluran pernapasan mulai dari flu sampai yang lebih serius, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) atau sindrom pernapasan akut berat.  Coronavirus sendiri adalah jenis baru yang ditemukan manusia sejak muncul di Wuhan, China pada Desember 2019, (WHO, 22/03/2020)

Manusia kerap mendapat penyakit dari hewan dan kebanyakan penyakit baru ini asalnya dari hewan liar. Namun perubahan iklim mempercepat proses ini. Meningkatnya urbanisasi dan mobilitas manusia membuat penyakit-penyakit ini menyebar dengan lebih cepat. Banyak hewan yang membawa berbagai patogen - bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

Dengan adanya wabah ini, Presiden Joko Widodo sudah mengimbau agar masyarakat bekerja di rumah sama halnya seperti sekolah dan beribadah diimbau untuk dilakukan di rumah saja. WFH memang berarti bekerja dari rumah guna mencegah penyebaran Covid-19 setelah dinyatakan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO. Mekanisme bekerja dari rumah bisa dilakukan secara daring atau melalui internet.

Work From Home (WFH) ini situasinya akan berbeda dibandingkan dengan bekerja di kantor. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu. Belum lagi harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak, mengurusi binatang peliharaan, hingga membersihkan ruang kerja atau kamar. Bukan hanya itu saja, kita akan cenderung bekerja di atas kasur yang membuat kita malah akan malas untuk bekerja. Suasana kamar atau rumah justru membuat ingin berlibur dan bersantai. Meskipun begitu kebijakan ini sangatlah efektif demi kepentingan banyak orang untuk mencegah penularan virus Covid-19. Agar pekerjaan tidak tertunda WFH pun bisa produktif dengan mengatur waktu kerja, waktu istiirahat, dan aktivitas-aktiviyas lainnya sehingga WFH ini tidaklah membosankan. 


Referensi : 
https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/amp/majalah-51325251 (diakses 22 Maret 2020)
https://beritabeta.com/news/ragam/agar-tak-salah-mari-mengenal-istilah-seputar-virus-corona/ (diakses 22 Maret 2020)
https://www.google.com/amp/s/nasional.okezone.com/amp/2020/03/17/337/2184418/ramai-soal-lockdown-social-distancing-wfh-karena-corona-ini-definisinya ( diakses 22 Maret 2020)

0 comments:

Post a Comment