17.3.20

COVID-19 MERAJALELA DI DUNIA : HARUSKAH PANIK?

Nama    : Tirsa Venta Han
NIM :19310410058
Mata Kuliah: Psikologi Umum II  
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A.



           

Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat di seluruh penjuru dunia termasuk  Indonesia, membuat banyak sekali masyarakat yang panik. Pada awal Maret 2020, Indonesia dinyatakan sebagai negara positif COVID-19. Dengan adanya pernyataan ini, masyarakat kemudian memborong habis persediaan masker dan hand sanitizer di apotek maupun swalayan.

Jumlah masyarakat Indonesia yang positif COVID-19 terus bertambah hingga ratusan dan penyebaran COVID-19 ini sudah merajalela di beberapa wilayah Indonesia. Wilayah – wilayah tersebut pun membuat berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 ini, seperti  beberapa sekolah dan universitas yang dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan belajar jarak jauh atau daring selama dua minggu kedepan dan segala bentuk kegiatan keramaian apapun juga ditiadakan di wilayah-wilayah tersebut.

Masyarakat Indonesia pun semakin tidak tenang. Lalu bagaimana sikap kita sebagai mahasiswa Psikologi? Apa yang harus kita lakukan? Ada dua sikap efektif yang bisa mahasiswa Psikologi terapkan.
1. Jangan panik berlebihan. Tenang dan lakukanlah hal – hal yang telah dihimbau oleh pemerintah, seperti : menjaga kebersihan diri dan sekitar, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi keramaian, dan berdiam diri dirumah.  Jika kita panik, lantas bagaimana kita bisa menenangkan orang lain?
2. Kontrol diri agar tidak stress dalam menghadapi hal ini. Sebab kebanyakan mahasiswa  tidak bisa berdiam diri berhari – hari di rumah, bosan dan stress pasti menghampiri. Isilah waktu di rumah dengan hal positif karena jika kita stress, lantas bagaimana kita bisa mengangani orang lain?

Sikapi COVID-19 ini dengan bijak dan ikuti semua himbauan yang diberikan agar kita semua dapat terhindar dari virus ini. Indonesia bukan hanya pemerintah saja atau bukan hanya instansi kesehatan saja, tapi Indonesia adalah kita semua. Jadi marilah bekerja sama agar Indonesia bisa terlepas dari bencana nasional yang menggemparkan ini.

Daftar Pustaka :
https://news.detik.com/berita/d-4941084/apa-itu-virus-corona-dan-covid-19-ini-info-yang-perlu-diketahui (diakses pada 17 Maret 2020)

0 comments:

Post a Comment