17.3.20

Sampah Bermanfaat, Lingkungan Sehat


Tasa Astiyani
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Sampah adalah material yang dibuang sebagai sisa dari hasil produksi industri maupun rumah tangga. Definisi lainnya adalah benda-benda yang sudah tidak terpakai oleh makhluk hidup dan menjadi benda buangan. Sesuatu yang dihasilkan oleh hewan, tumbuhan, manusia yang tidak terpakai berpotensi untuk menjadi sisa material buangan. Sisa material tersebut dapat berupa zat cair, padat, maupun gas yang nantinya akan dibuang ke alam.
Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic merupakan bahan buangan yang berasal dari hasil produk berbahan dasar hayati yang dengan mudah akan terdegradasi oleh mikroorganisme atau mikroba. Proses degradasi oleh mikroorganisme ini berlangsung secara alami. Contoh sampah jenis adalah bahan buangan yang berasal dari dapur, sisa makanan, sayuran, kulit buah, daun, dan ranting.
Sedangkan sampah anorganik merupakan bahan buangan yang berasal dari hasil produk berbahan dasar non hayati baik berupa produk sintetik maupun hasil pengolahan bahan tambang. Sebagian besar bahan buangan jenis ini tidak dapat dengan mudah terdegradasi oleh mikroorganisme alam dan membutuhkan waktu lama untuk dapat teruraikan sepenuhnya. Contoh sampah jenis ini adalah botol plastik, kaleng, karton, dan lain-lain.
Lalu, akan diapakan sampah-sampah yang tidak terpakai seperti yang sudah dicontohkan diatas ? Beberapa orang mungkin membuang sampah-sampah tadi ke tempat pembuangan akhir (TPA). Namun, tidak semua orang juga yang membuangnya ke TPA karena faktor lain seperti lokasi TPA yang jauh, tidak adanya tukang sampah yang mengambil, dan lain-lain. Hal inilah yang menjadi penyebab sampah menumpuk, bahkan di TPA pun juga.
Padahal sebagai manusia kita menginginkan kondisi lingkungan yang bersih agar tidak menimbulkan banyak penyakit. Akan tetapi, manusia sendiri lah yang sering beraktivitas dan dalam aktivitas itu menimbulkan banyak sampah yang mengakibatkan lingkungan kumuh, kotor, dan tidak nyaman. Oleh karena itu, perlu adanya pembudidayaan sampah. Selain untuk mengurangi sampah yang menumpuk di lingkungan, sampah juga menjadi lebih bermanfaat.
Pertama, kita bisa memilah sampah antara organik dan anorganik. Kedua, jika sampah organik seperti sisa sayuran, dedaunan, dan lain-lain, bisa kita manfaatkan dengan kita buat sampah itu menjadi kompos. Dan jika sampah anorganik seperti botol plastik, karton, kaleng, dan sebagainya, bisa kita manfaatkan dengan cara kita olah lagi menjadi kerajinan, anyaman, tas, dan lain-lain.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa meskipun sampah itu merupakan hasil buangan yang nilai ekonomisnya sudah tidak ada. Namun masih bisa kita manfaatkan dengan cara membudidayakan sampah. Cara membudidayakannya adalah dengan cara kita manfaatkan sampah tadi menjadi hal yang bisa kita pakai lagi. Sehingga sampah menjadi lebih bermanfaat, dan lingkungan kita menjadi lebih bersih dan sehat.


Referensi :
https://foresteract.com/sampah/ (di akses 17/03/2020)

0 comments:

Post a Comment