22.3.20

COVID-19: Di Rumah Aja Yuk!


Kharisma Ayu Mutiara Dewi/ 19310410070
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing: FX. WAHYU WIDIANTORO, S.Psi., M.A



Dunia ini di sedang digemparkan oleh tersebarnya Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Corona Virus Desease. Virus ini pertama kali mewabah di Wuhan, China dan sudah dilaporkan ke WHO pada 31 Desember 2019. Ilmuwan China mengatakan virus ini memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang akibatnya bisa mematikan. Pihak berwenang China mengkonfirmasi bahwa virus ini bisa menular dari manusia ke manusia(Kompas,19 Maret 2020). Bahkan sudah menyebar dengan cepat di berbagai negara termasuk Indonesia.
Di Indonesia saat ini jumlah kasus baru sebanyak 81 orang, sehingga total mencapai 450 orang. Pemerintahan Indonesia juga melakukan “Rapid test” guna melacak dengan baik sebanyak 1 juta rapid test. Sampai hari ini Sabtu,21 maret 2020 pemerintah menjalankan 2.000 pemeriksaan(Liputan 6,21 Maret 2020). Bahkan sekarang Indonesia sedang melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut yaitu dengan cara di Rumah saja.
Semua masyarakat diharapkan untuk dirumah saja dan mengurangi aktivitas diluar, bahkan semua sekolah dan perguruan tinggi diganti dengan sistem online. Semua kegiatan pembelajaran diganti dengan online, seperti tugas online, ulangan online dan sebagainya. Tetapi kenyataannya banyak yang masih keluar seperti ke warnet dengan alasan mendapatkan tugas dan bermain dengan temannya. Hal ini dapat menyebabkan penularan virus semakin cepat.
Kita harus sadar akan adanya virus ini dan melakukan pencegahannya seperti menjaga imun tubuh dengan memakan makanan yang higenis dan bergizi, menggunakan masker saat keluar rumah atau sedang sakit, setelah memegang apapun jangan lupa cuci tangan dengan benar, menjaga jarak, melakukan etika bersin dan batuk dengan benar. Sehingga penyebaran virus tersebut berkurang.
Di rumah aja yuk! Ini harus di terapkan dengan melakukan hal hal positif seperti melakukan hobinya, bermain dengan keluarga, atau menonton film bersama keluarga. Hal ini juga meningkatkan quality time dengan keluarga karna sebelum virus ini terjadi orang tua sibuk dengan pekerjaan sehingga waktu untuk kumpul dengan anak-anak berkurang. Dan penyebaran pun berkurang malah semakin erat rasa kekeluargaannya.
Kita sebagai warga yang baik harus mendukung usaha pemerintah untuk mencegah virus ini menyebar. Dan jangan lupa menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan tubuh. Jangan panik, jika sudah terdapat gejala-gejala virus corona segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatannya.

Daftar Pustaka

0 comments:

Post a Comment