14.7.19

Efisienkan Biaya Operasional
Resensi Artikel Psikologi Industri
Heny Suprapti, Fakultas Psikologi, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Peran tarif selama bertahun-tahun dinilai tidak mendukung perkembangan industri penerbangan Tanah air, kenaikan harga dalam tempo singkat berdampak negatif. Dampak lonjatan harga tiket berpengaruh negatif, terutama terhadap industri pariwisata. Jumlah penumpamg domestik, tingkat hunian hotel berbintang, dan lama waktu tinggal pada triwulan I-2019 tercatat turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Menko Kemaritiman Binsar Pandjaitan ketidakefisienan itu antar lain terkait pemilihan jenis pesawat, penentuan rote, ongkos sewa pesawat, dan harga bahan bakar. Solusi untuk mengatasi keresahan masyarakat adalah dengan efisiensi.Poinnya harus seimbang antara harga tiket dan lanskap industri, misalnya murah, perawatan pesawat bisa kacau, maskapai bisa kolaps semua, kenaikan harga tiket memang bisa dihindarkan tetapi jangan drastis, tiga bulan naik ujar Menko Kemaritiman Binsar Pandjaitan.

Dalam hal ini pemerintah menjaga keberlansungan industri penerbangan nasional, pemerintah juga mendorong industri penerbangan berkembang dalam iklim yang sehat.

Sumber:
Kompas (2019). Efisienkan Biaya Operasional. Selasa 25 Juni 2019

0 comments:

Post a Comment