17.4.19

Kegiatan Kunjungan Studi:
Keakraban Mahasiswa Psikologi UP45
Bersama Warga Tresna Werdha Yogyakarta 

Yona Sahputri Luspartiwi
163104101136


Mumpung kita masih muda, usia lanjut merupakan masa yang harus kita persiapkan dari sekarang. Bagaimana kita mempersiapkan diri serta mendampingi para lansia dengan baik dan benar? Setidaknya agar mampu mendampingi orangtua, kakek, nenek, serta sodara-sodara kita? Kami mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Gerontologi berinisiatif untuk mengajak teman-teman yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 belajar bersama dalam acara Kunjungan Studi di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta. Jl. Kaliurang Km 17,5 Duwet Sari, Pakembinangun, Pakem (15/4/2019).
Kehadiran mahasiswa perwakilan Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 disambut dengan hangat oleh Bapak Feriawan Agung Nugroho, selaku perwakilan Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta. Beliau menjelaskan tentang profile Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta yang mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pelayanan bagi lanjut usia terlantar agar dapat hidup secara baik dan terawat. “Adanya menu makan yang bervariasi setiap harinya serta jadwal kegiatan rutin berupa senam lansia, bimbingan rohani serta hiburan antara lain seni karawitan diharapkan mampu memberikan suasana yang kondusif bagi kesehatan para lansia. Saat ini terdapat 130 orang lansia yang berada dalam Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha, demikian dijelaskan oleh Bapak Feriawan.

Bapak Fx. Wahyu Widiantoro, selaku dosen pendamping dalam acara kunjungan dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kunjungan Studi merupakan kegiatan rutin di setiap semester yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45. Tujuan kegiatan kunjungan yaitu mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih dekat dan belajar pada institusi maupun lembaga yang berhubungan langsung dengan pengaplikasian ilmu Psikologi. Harapannya dalam kegiatan kunjungan studi kali ini mahasiswa lebih mampu memahami bahwa usia lanjut sebagai tahap akhir siklus kehidupan merupakan tahap perkembangan normal. Adanya kemunduran fungsi psikologis dan sosial maka harus diciptakan suatu lingkungan yang dapat membantu aktivitas lansia”, jelas Bapak Wahyu.
Sesi tanya jawab dan diskusi pun berlansung dengan sangat interaktif. Yusuf Wardana salah satu mahasiswa peserta kunjungan menyatakan bahwa tidak mudah dalam menghadapi lansia. Bagaimanakah sikap yang benar dalam menghadapi lansia yang selalu meminta sesuatu dan ingin segera dipenuhi keinginan tersebut?, tanya Dana.  Bapak Feriawan menjelaskan bahwa dalam mendampingi lansia hendaknya menggunakan komunikasi yang positif yaitu selalu memberikan semangat dan berusaha memenuhi keinginan lansia tersebut.
Kegiatan kunjungan studi menjadi semakin menarik ketika para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkunjung ke wisma para lansia. Mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok berkunjung ke wisma yang berbeda dan berdialog secara langsung dalam suasana keakraban bersama Warga Tresna Werdha Yogyakarta. Acara ditutup dengan sesi sharing dan diskusi antar mahasiswa berdasar hasil berdialog langsung dengan para lansia.
Tim Panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan serta segala bentuk bantuan sehingga acara kunjungan studi kali ini dapat berjalan sukses dan lancar. Bingkisan dan bentuk tali kasih telah kami serahkan kepada pihak Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta. Terima kasih kepada Bapak Bambang Irjanto selaku Rektor UP45 atas kesempatan yang diberikan kepada kami, Ibu Muslimah Zahro Romas selaku Dekan Fakultas Psikologi atas perijinan acara, Ibu Dewi Handayani dan Ibu Arundati Shinta atas bantuan fasilitas yang diberikan, para sahabat yang tergabung dalam HIMAPSI UP45. Kami tim panitia pelaksana acara yaitu Fahrunisa Yeni Astari, Pipit Rohmania, Anggi Laksmana, Chatu Septiana, Septiana Abidin, dan Yona Sahputri Luspartiwi.

0 comments:

Post a Comment