10.3.19

Mengenal Psikologi Lingkungan


Mengenal Psikologi Lingkungan
Oleh: Marsum (march)
18.310.410.1187
Sebagai pemenuhan tugas Mata Kuliah Psikologi Umum II

Psikologi Lingkungan merupakan cabang psikologi yang relatif baru, lebih memfokuskan pada hubungan antara lingkungan dengan fisik serta perilaku dan kesejahteraan manusia. Tema yang membahas tentang kehidupan kita sehari-hari dan lingkungan kita serta bagaimana kita menggunakan ruang.

Nama saya Marsum biasa di panggil March. Saya kuliah di Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, karena pingin mempelajari sifat sifat manusia, ingin bergelut di bidang Psikologi.  Berharap suatu ketika bisa menempati di posisi HRD.  
 saya tertarik dengan salah satu mata kuliah yaitu Psikologi Lingkungan karena lebih mudah di aplikasikan di masyarakat luas, mudah di pahami , supaya bisa menerapkan di lingkungan sekitar dengan baik. Harapan saya setelah mempelajari Psikologi Lingkungan bisa mengubah perilaku diri  sendiri bahkan bisa menerapkan di masyarakat dengan baik dan benar.



Setiap individu dalam interaksi sosialnya mencoba untuk mempertahankan keseimbangan yang dapat di terima antara kedekatan yang menyenangkan dengan jarak canggung. Ruang pribadi sering di ukur melalui jarak fisik yang di pertahankan seseorang terhadap orang lain, tetapi ruang pribadi juga menyangkut hal ini selain jarak fisik. Pada jarak yang jauh, kita harus berbicara keras dan memiliki keinginan kemungkinan kontak sosial yang sangat berbeda.
Edward Hall (1959) seorang pakar antropologi menggunakan empat daerah pokok untuk interaksi interpersonal. Jarak intim dari 0 sampai 18 inci jarak pribadi dari 18 inci sampai 4 kaki adalah jarak pertemuan bisnis yang resmi, dari 12 sampai 25 membutuhkan suara yang keras dan di gambarkan oleh orang yang memberikan ceramah, menurut Hall situasi sosial menentukan daerah mana yang akan di gunakan oleh seseorang.
Pada umumnya kedekatan merupakan tanda persahabatan atau perhatian, mungkin merupakan salah satu cara yang paling penting dan paling mudah untuk menyatakan kepada orang yang baru saja kita jumpai bahwa kita menyukainya, orang lain akan segera menyadari perhatian kita.
Psikologi Lingkungan merupakan ilmu yang sangat penting untuk kita pelajari karena berhubungan langsung dengan kehidupan dan sudah di aplikasikan di lingkungan. Tanpa kita sadari kegiatan kita sudah menjadi bagian dari psikologi lingkungan, oleh karena itu masyarakat akan lebih mengaplikasikan kepada lingkungan maupun orang terdekat. Misalnya  ketika berteman dengan orang dekat  otomatis kita memahami tentang tingkah laku  dan perilaku dalam kehidupan teman tersebut.


Daftar pustaka
David O. Sears,. dkk. 1994. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga




0 comments:

Post a Comment