10.7.18

Hari Lingkungan Hidup Sedunia



 Nama Pipit rahmania Khajati 
Nim ;:16.310.410.1134
Psikologi lingkungan






JAKARTA, KOMPAS.com - Kabut asap menjadi persoalan menahun yang selalu muncul jika berbicara soal lingkungan hidup di Indonesia. Bagaimana perkembangannya dalam satu tahun terakhir? Di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari ini, 5 Juni, tak ada salahnya kita kembali melihat kondisi terkini di Indonesia. Laporan terakhir Kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK) tahun 2017 menunjukkan perkembangan berarti. Tahun 2017 dinyatakan sebagai tahun pertama tidak ada asap yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan gambut. Dalam laporan itu disebutkan, tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut pada tahun tersebut.

Kebakaran hutan dan lahan gambut bisa terjadi karena kekeringan panjang atau ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dalam penggunaan api di hutan dan lahan. Kebakaran pada lahan gambut relatif lebih sulit ditangani karena api bisa tersimpan di lapisan dalam tanah hingga berbulan-bulan, meskipun api di permukaan sudah berhasil dipadamkan. Akibat yang ditimbulkan dari kejadian semacam ini berupa jarak pandang yang menjadi amat terbatas dan terganggunya kesehatan mata juga pernapasan. Masih berdasarkan laporan KLHK, kualitas udara Indonesia pada tahun 2017 memiliki indeks tertinggi dibanding 2 tahun sebelumnya, yakni sebesar 87.03.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Melihat Kabut Asap di Indonesia...", https://nasional.kompas.com/read/2018/06/05/08165691/hari-lingkungan-hidup-sedunia-melihat-kabut-asap-di-indonesia.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

0 comments:

Post a Comment