24.4.18

SAMPAH RUMAH TANGGA SEMAKIN MEMPRIHATINKAN


Psikologi lingkungan
Fatkhul aziz
16.310.410.1141

SAMPAH RUMAH TANGGA SEMAKIN MEMPRIHATINKAN
            Keberadaan sampah di DIY sudah semakin memprihatinkan lantaran produksinya tidak sebanding dengan pengelolaan. Banyaknya sampah diperlukan upaya pengolahan secara maksimal untuk menekan sampah buangan.
            Sementara daya tampung tempat pembuangan sampah terakhir (TPST) dan taempat pembuangan akhir sangat  terbatas.dari sekian banyak sampah yang ada di DIY 40 persen sampah di masyarakat masih belum dapat terkelola dengan baik dan maksimal. Bahkan masyarkat hingga saat ini masih banyak membuang sampah sembarangan.
            Menurut staf ahli gubernur pemprov DIY, Muji Raharjo bahwa persoalan sampah adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder  terkait. Begitu jga sekda bantul mengatakan sampah merupakan masalah bersama. Untuk itu harus ada solusi yang tepat
            Dari uraian diatas saya setuju apa yang dikatakan oleh staf ahli gubernur pemprov DIY dan sekda BANTUL bahwa masalah sampah adalah tanggung jawab bersama tidak hanya membebankan sepihak kita harus cari solusi bersama – sama , seperti yang dilakukan pemkab bantul dengan menganggarkan dana DLH pada tahun 2018 sebaesar 26 milyar , sementara tahun 2019 mendatang akan dinaikan menjadi 40 milyar dengan tujuan pengelolaan sampah harus semakin terurai menjadikan bantul yang bersih , sehat dan rindang.
            Tapi semua itu ada sisi positif dan sisi negatif, sisi positifnya dengan besarnya anggaran dana DLH masalah sampah cepet di atasi, tapi sisi negatifnya dengan besranya dana DLH kalau tidak di barengi kualitas SDM untuk mengelola sampah anggaran sebasar itu akan terbuang sia – sia.
            SUMBER : Harian Kedaulatan Rakyat, senin 26 maret 2018, ha;aman 4
           


0 comments:

Post a Comment