24.4.18

BERI PENGHARGAAN PENGGIAT LINGKUNGAN


BERI PENGHARGAAN PENGGIAT LINGKUNGAN


Nama : Nurul Widiastoni

NIM : 163104101152
Mata kuliah : Psikologi Lingkungan
Dosen pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


            Pemberian penghargaan merupakan puncak gerakan (TBBS) Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah dan peringatan Hari Bumi di Kabupaten Kulonprogo. Dalam acara itu diadakan sosialisasi dan pemasangan spanduk, penerbitan Surat Edaran Bupati tentang gerakan TBBS.
            Kegiatan lain seperti gerakan gropyok sampah dan pelatihan daur ulang sampah dikawasan Wisata Mangrove, Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon. Lomba kebersihan untuk kategori perkantoran, perumahan, dan sekolahan, pelatihan pembuatan kompos di SMP Lendah, pelatihan pengelolaan sampah bagi masyarakat di Kalibiru Desa Hargowilis, Kokap serta pelatihan daur ulang sampah bagi guru se-Kecamatan Girimulyo di DLH.
            Puncak gerakan TBBS dan peringatan hari bumi di Kulonprogo yang bertemakan “Pelihara Dan Sayangi Bumi Dan Alam Indonesia”. Dan melakukan penanaman pohon manggis oleh Wakil Bupati Kulonprogo, serta melihat pameran produk hasil pengolahan sampah, fashion show kain sisa yang di peragakan siswi MAN 2 Kulonprogo.
            Produk hasil daur ulang antara lain, hasil daur ulang dari kertas semen, tas plastik, botol minuman, kaleng, kayu bekas yang dijadikan tas, hiasan, mainan, dan beberapa jenis hiasan meja.
             Wabup Sutedjo, mengatakan kita bisa mengubah kebiasan buruk menjadi lebih baik, karena banyak yang menbuang sisa makanan dan bungkus makanan disembarang tempat. Padahal kalau kita sadar akan kebersihan lingkungan, sampah tersebut bisa di bawa dulu sebelum menemukan tempat sampah, tidak langsung kita tinggal di sembarang tempat.
            Artikel diatas memberi pemahaman kepada pembaca bahwa sampah itu bisa di daur ulang menjadi karya-karya seni yang indah. Sebagai manusia yang mempunyai pikiran tentunya selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Gerakan TBBS sangat bagus sekali, semiga terus berlanjut dan menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain.

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Sabtu, 21 April 2018

0 comments:

Post a Comment