8.4.18

Psikologi Lingkungan 1

Pembentukan Kampung Siaga Bencana
(Pemerintah Butuh Dukungan Masyarakat)



Nama  : Fahrunisa Yeni Astari
NIM  : 16.310.1156
PSIK3OLOGI LINGKUNGAN


Pemerintah tidak akan mampun mengatasi dampak bencana alam tanpa masyrkat ikut campur tangan didalamnya. Oleh karna itu sangat diperlukan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) memadai dalam melakukan mitigasi bencana, baik sebelum terjadi, ketika dan paska terjadi sebuah bencana alam.

Dengan memberi bekal secara optimal terkait dengan mitigasi bencana, secara tidak langsung pemerintah sudah mencetak kader - kader tangguh untk menghadapi segala bentuk bencana alam.Karna pemerintah tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa adanya dukungan dari SDM masyrkat yang memadai terkait mitigasi bencana.Dalam kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) diambil dari dusun desa kebonagung imogiri Bantul, Drs Suryana Banyak menyampaikan Pesan.Program ini digelas selama 3 hari dan puncak acara  diberikan simulasi , di lapangan  kebonagung imogiri Bantul.

KSB memang sangat dibutuhkan untuk menghadapi segala potensi bencana alam.karna wilayah imogiri menjadi salah satu daerah paling rawan terjadinya bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor , angin puting beliung hingga gempa bumi. 

menurut saya dengan karakter seperti itu sudah saatnya warga imogiri dibekali kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana alam.dan pembentukan KSB ,mereka yang ikut dalam pelatihan nantinya tidak hanya fokus penanganan korban bencana di dusunya, namun harus luas lagi jangkauannya dan menyiapkan kader lagi didaerah lain. dengan bekal tsbt peserta dinilai sudah siap menjadi penggerak jika ada bencana alam.Sekarang ini secara keseluruhan di DIY ada 36 KSB. dan diharapkan semakin siap ketika swaktu - waktu trjdi bncana



Kedalautan Rakyat kamis, 15 maret 2018


0 komentar:

Posting Komentar