5.4.18

GANGGUAN NEUROSIS


Artikel psikologi abnormal
Fatkhul aziz
16.310.410.1141.

GANGGUAN NEUROSIS
            Masaah kepribadian yang di alami sebagian orang umumnya berawal sejak masa kanak – kanak akibat penganiayaan , pelecehan , kemiskinan , penyakit , ditinggal  orang tua, kejiwaan orang tua yang bermasalah , perceraian , imigrasi , kecelakaan, lingkungan yang tidak baik , dan lain sebagainya . diantara kita ada yang cukup kuat menghadapi ini atau mendapat bantuan dari orang lain .tapi pengalaman – pengalaman buruk ini sering menghantui kita seumur hidup.selamanya kita menderita kecemasan , rasa bersalah, keedihan dan kemarahan, bukan hanya disebabkan oleh pengalaman buruk yang spesifik , tapi juga karena kita tidak lagi percaya pada hidup itu sendiri.
            Seorang anak yang punya orang tua penuh cinta, saudara- saudara , teman – teman dan guru yang penuh perhatin mungkin bisa menghadapi persoalan ini , sebaliknya kalau dukungan seperti ini tidak ada , dukungan yang di sebut rogers sebagai pertimbangan positif, maka anak yang hidup di lingkungan yang nyaman pun akan menjadi peragu dan pencemas ketika dewasa.
Menurut horney berdasar pengalaman klinisnya dia menemukan kebutuhan neurosis yang didasarkan pada kebutuhan primer manusia yaitu
·         Orang neurotik membutuhkan perhatian dan persetujuan orang lain, kebutuhan yang tidak pandang bulu  untuk menyenangkan dan disenangi orang lain.
·         Orang neurotik membutuhkan mitra , yaitu orang yang akan menjaga dan memperhatikannya ini mencakup ide bahwa cinta dari orang lain akan menyelesaikan  persoalan – persoalan yang dihadapi.
·         Orang neurotik selalu ingin membatasi kehidupannya , sesempit mungkin , tidak ingin terlalu bergantung pada orang lain, dan ingin mencukupkan pada yang telah ada.
·         Orang neurotik selalu ingin menguasai dan mengatur orang lain untuk memperlihatkan kekuasaannya. Kita semua pasti ingin kekuatan , tapi orang neurotik menginginkan secara berlebihan, sehingga keinginan ini malah membuatnya menderita.
·         Orang yang neurotik selalu ingin mengekspliotasi orang lain dan mengambil yang terbaik dari mereka pada diri orang biasa , hal ini mungkin berarti keinginan untuk mempengaruhi atau didengar orang lain. Namun bagi orang neurotik , keinginan ini menjadi salah kaprah dan dia meyakini hanya untuk dimanfaatkan orang lain.keinginan ini juga mencakup ketakutan dimanfaatkan orang lain.
·         Orang neurotik memerlukan perhatian  dan prestise sosial. Kita adalah makhluk sosial dan seksual yang ingin selalu diperhatikan . namun orang neurotik terlalu terfokus pada penampilan  dan populeritas . mereka takut kalau tidak diacuhkan , dianggap bodoh , tidak keren .
·         Orang neurutik memelrukan kebanggaan pribadi. Kita ingin dihargai karena kemampuan mental dan ketrampilan jasmani yang kita miliki. Kita ingin merasa dibutuhkan dan bernilai.
·         Orang yang neuritik selalu terobsesi dengan prestasi – prestasi pribadi, sekali lagi tidak ada yang salah dengan keinginan ini, tapi ada orang yang terobsesi dengannya , mereka bersikeras  untuk jadi yang nomor satu dalam hal apapun
·         Orang neurotik selalu ingin kesempurnaan . berusaha sebaik mungkin mencapai kesempurnaan apa saja dalam hidup memang bukan sifat neurosis tapi ada orang yang selalu terdorong untuk sempurna dan sangat takut kalau gagal atau kurang . mereka tidak mau menerima kesalahan sekecil apapun.
Refrensi
Boeree C.George (2016) Personality theories . yogyakarta .prismashopie.


0 comments:

Post a Comment