27.4.18

GANGGUAN ARGORAPHOIBA


TAKUT KELUAR RUMAAH, MUNGKIN GEJALA TERKENA GANGGUAN ARGORAPHOIBA

Asep singgih wijanarko
16.310.410.1158
Psikologi
   
  Agorafobia (agoraphobia) adalah jenis gangguan kecemasan di mana penderitanya akan menghindari berbagai situasi yang mungkin menyebabkan panik. Penderita mungkin tidak mau meninggalkan rumah. Saat berada di luar rumah, mereka bisa merasa terjebak atau malu yang akan memicu serangan panik.

      Orang dengan gangguan panik dengan agoraphobia sering menghindari tempat-tempat tertentu (misalnya: supermarket) karena mereka mengalami satu atau lebih serangan panik di sana. Mereka mulai menghubungkan tempat ini dengan serangan dan merasakan sensasi fisik saat mereka mendekati tempat itu. Sensasi fisik ini mengingatkan mereka akan serangan dan ketakutan akan adanya serangan panik yang mendominasi pikiran mereka. Ini menjadi lingkaran setan. Jadi hal yang paling mudah dilakukan untuk orang-orang ini adalah dengan menghindari tempat-tempat tersebut.
     Gejala umum agoraphobia termasuk:Takut sendirian dalam situasi apapun,Takut berada di tempat-tempat ramai,Takut kehilangan kontrol di tempat umum,Takut berada di tempat di mana yang mungkin sulit untuk keluar, seperti lift atau kereta api serta Ketidak mampuan untuk meninggalkan rumah atau hanya mampu meninggalkannya jika orang lain menemani Anda.
           
     Gangguan Panik Dan Agoraphobia
Beberapa orang memiliki gangguan panik selain agoraphobia. Gangguan panik adalah jenis gangguan kecemasan di mana Anda mengalami serangan ketakutan tiba-tiba yang mencapai puncaknya dalam beberapa menit dan memicu gejala fisik yang intensif. Anda mungkin berpikir bahwa Anda benar-benar dapat kehilangan kendali, mengalami serangan jantung atau bahkan kematian.
     Penyebab Agoraphobia
Memiliki gangguan panik atau fobia lainnya, atau mengalami peristiwa kehidupan yang penuh stres, mungkin memainkan peran utama agoraphobia.
    Perawatan Dan Obat-Obatan
Pengobatan Agoraphobia biasanya menggunakan psikoterapi dan obat-obatan. Ini mungkin memakan waktu yang cukup lama, tetapi pengobatan ini dapat membantu Anda menjadi lebih baik.
    Psikoterapi
Psikoterapi akan dilakukan oleh seorang terapis untuk mengurangi tingkat kecemasan Anda. Terapi perilaku kognitif adalah salah satu bentuk yang paling efektif psikoterapi untuk gangguan kecemasan, termasuk agoraphobia.
Ganguan panic Agoraphobia jika tidak segera di tanggani dengan benar maka bisa mengganggu kkegiatan serta kehidupan si penderita karena dindividu ini akan merasa takut dan tidak berani ke tempat atau berada di tempat yang menurutnya tidaknyaman dan membuatnya takut akan kluar rumah.

Sumber: Gangguan Kecemasan (Agoraphobia). http://doktersehat.com/gangguan-kecemasan-agoraphobia/ diakses pada 27/4/2018 pukul 02:39

Serangan panic. https://www.barendspsychology.com/id/gangguan-mental/serangan-panik/ . diakses pada 27/4/2018 pukul 02:42

 

0 comments:

Post a Comment