24.4.18

artikel bank sampah : KETIKA HARAPAN ITU DATANG


BANK SAMPAH
KETIKA HARAPAN ITU DATANG
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Psikologi Lingkungan
Nasabah semakin banyak, ini berarti, kebutuhan akan tenaga kerja dan alat semakin meningkat. Kegigihan Endang mengelola sampah di lingkungannya mengundang perhatian PT Astra Internasional Tbk. CSR Astra masuk di tahun 2013 guna meningkatkan kinerja bank sampah Sanora.
Bantuan berupa mesin pencacah dari Astra meningkatkan kinerja bank sampah. Astra terus memantau penggunaan mesin pencacah itu selama tiga bulan. Apakah mesin bisa menghasilkan apa yang diharapkan atau tidak. Karena dinilai memuaskan, nasabah pun berdatangan dari grup Astra, mulai dari Komatsu, Daihatsu dan grup Astra lainnya. Alhasil, Bank sampah ini kini memiliki pendapatan Rp 10-15 juta setiap bulannya. 
CSR Astra ini bisa dibilang holistik. Astra juga memberikan pelatihan terhadap masyarakat mengenai pengelolaan bank sampah. Kini, sudah ada enam karyawan yang membantu operasional bank sampah. Sebagian besar adalah warga asli Semper Barat. Meski baru bergabung, Dasih merasakan betul manfaat adanya bank sampah ini. Meski lingkungan rumah kini sudah ada petugas kebersihan, masyarakat jadi lebih peduli akan sampah.
Ia berharap, bank sampah Sanora semakin berkembang dan daerah-daerah lain juga memiliki bank sampah yang aktif. Dengan begitu, semua orang akan memiliki kepedulian yang lebih terhadap lingkungan. Astra juga meminta Bank Sampah Sanora untuk melakukan pendampingan terhadap bank-bank sampah lain selama tiga bulan. Rewardnya, bank sampah Sanora bisa mengambil sampah dari bank sampah rintisan tersebut. Karena, bank sampah tersebut belum sampai tahap memasarkan. .
Menurut catatan dalam “Laporan Keberlanjutan Astra International 2014”, bank sampah ini telah memiliki lebih dari 700 nasabah dan mampu mengolah 2.000 kilogram sampah plastik setiap bulannya.
Kesimpulan : Mulai dari sabar hingga akhirnya masyarakat sekitar mulai tertarik untuk ikut kegiatan bank sampah sampai akhirnya bisa ada penghasilan setiap bulannya.

0 comments:

Post a Comment