14.1.18

Psikologi Berbagi : IF SCIENCE IS YOUR SOUL, AND LEARN ARE YOUR WAY, THEN SHARING IS YOUR TREASURE



IF SCIENCE IS YOUR SOUL, AND LEARN ARE YOUR WAY, THEN SHARING IS YOUR TREASURE

Deliana Vicria Nurachyani
154103101096
                Pada kesempatan kali ini Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Fakultas Psikologi Semester 5 dengan tim yang beranggotakan  Deliana Vicria Nurachyani, Wahyu Relisa Ningrum, Subur triyono, Nurul Hidayah, Siti Asmaul Husna dan Ahmad Mutamakin mengadakan acara Psikologi Berbagi  ke Sekolah di Yogyakarta. Psikologi Berbagi selain sebagai bahan tugas yang di bimbing oleh Dosen Bapak Wahyu Widiantoro juga merupakan kegiatan mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi  45 Yogyakarta untuk mengaplikasikan dan berbagi ilmu Psikologi kepada adik-adik SMA .
                Meskipun kami masih perlu menambah dan belajar mengenai Psikologi, namun dengan kekompakan team kami berhasil melaksanakan acara psikologi di dua sekolah. Yang pertama pada tanggal 11 Desember 2017 (SMK DIPONEGORO) dan tanggal 14 Desember 2017 (SMA MUHAMMADIYAH KALASAN)  yang  bertemakan mengenai konsep diri remaja.
Mengapa kita
mengambil tema acara dengan Konsep Diri Remaja?
                Peserta acara yang di hadiri oleh remaja menjadi sasaran kami membuat tema mengenai konsep diri remaja. Remaja adalah pribadi yang sedang berkembang menuju kematangan diri, kedewasaan. Untuk itu, remaja perlu membekali diri dengan pandangan yang benar tentang konsep diri. Remaja perlu menjadi diri yang memiliki konsep diri positif. Mereka harus menemukan nilai-nilai yang berlaku dan yang akan mereka capai di dalamnya. Individu harus mulai belajar untuk mengatasi masalah-masalah, merencanakan masa depan, dan khususnya mulai memilih jenis pekerjaan yang akan digeluti secara rasional.
Apa yang diambil dari acara Psikologi Berbagi?
                Dari acara tersebut kami saling membantu satu sama lain di mulai dengan melobi sekolah hingga membuat materi dan susunan acara yang menarik. Pada kesempatan ini saya berkesempatan untuk melobi sekolah yaitu di SMK DIPONEGORO. Dengan pengalaman saya melobi sekolah yang sempat gagal karena miss komunikasi di suatu sekolah tertentu, membuat saya tidak takut mencoba untuk melobi sekolah yang lainnya ini karena saya ingin belajar dari pengalaman yang lalu. Tidak mudah dalam melobi suatu sekolah perlu adanya komunikasi yang baik antar unit di sekolah di antaranya dengan pihak bagian Tata Usaha, Bagian Kurikulum dan juga bagian BK. Dengan kesabaran dan usaha akhirnya saya berhasil melobi untuk melaksanakan Psikologi Berbagi di SMK DIPONEGORO pada tanggal 11 Desember 2017.

                Dari acara kami yang kedua di sekolah SMA Muhammadiyah Kalasan yang di laksanakan pada tanggal 14 Desember 2017, saya kembali belajar dari masa lalu yaitu membuat poster acara sederhana yang sehari harus sudah jadi. Saya sempat belajar untuk mengedit menggunakan Corel draw dan itu dulu 4 tahun yang lalu ketika saya pernah bekerja di percetakan dan hingga saat ini saya lupa bagaimana cara mengedit Corel Draw tersebut. Namun dengan hasil bertanya pada teman yang paham tentang soal Corel Draw akhirnya poster tersebut jadi meskipun kurang sempurna.  Ini membuktikan bahwa ilmu yang di dapat hendaknya bisa terus di asah menjadi hartamu hingga bisa bermanfaat untuk saya dan orang lain.

Nah, dari acara Psikologi berbagi ini saya menyadari jika ilmu adalah jiwamu, dan belajar adalah jalanmu maka berbagi adalah hartamu. Terimakasih kepada teman-teman team atas kekompakannya, kepada Bapak Wahyu Widiantoro selaku dosen yang membimbing acara Psikologi Berbagi dan juga pihak sekolah yang sudah mengijinkan kami melaksanakan acara Psikologi Berbagi di SMK Diponegoro dan SMA Muhammadiyah Kalasan Semoga bermanfaat.


               

0 comments:

Post a Comment