13.1.18

Resensi Artikel - POLUSI BAU LIMBAH GANGGU AKTIVITAS WARGA

Polusi Bau Limbah Ganggu Aktivitas Warga

Nama               : Yusuf Wardana
NIM                : 163104101130
Judul Artikel   : Polusi bau limbah ganggu aktivitas warga
Sumber            : Kompas
Nama Penulis : (RWN)
Tanggal Terbit : 10 januari 2018
                 Warga di sekitar pabrik serat rayon PT Rayon Utama Makmur di Nguter, Sukoharjo, menuntut penghentian sementara operasional pabrik itu hingga masalah polusi bau menyengat teratasi. Pasalnya, bau limbah pabrik dirasakan mengganggu aktivitas warga. Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya meminta warga memberi kesempatan kepada PT RUM untuk melaksanakan rekomendasi tim ahli untuk mengurangi dampak polusi bau menyengat.
                 Hal itu menjadi topic utama dalam pertemuan mediasi warga dengan PT RUM yang dihadiri Wardoyo dan Presiden Direktur PT RUM Pramono di balai pertemuan desa Gupit, Nguter. Pertemuan ini gagal membuahkan kesepakatan. Berkali-kali ratusan warga berteriak agar pabrik PT RUM ditutup.
                 Bau yang sangat menyengat sangat menggangu warga dan menyebabkan warga mengalami pusing, mual dan muntah.
                 Penulis dalam artikel ini menakan kan bahwa akibat dari polusi bau sangat mengganggu aktivitas warga dan juga perundingan yang belum menghasilkan solusi.
                 Dari sudut pandang saya seharusnya penulis harus lebih menkankan kan bahwa pemerintah kurang peka akan keluhan warga. Jika akibat dari bau memang sudah sangat menganggu bahkan menyebakan masalah kesehatan seharusnya pemerintah tidak menuntut warga memberikan kesempatan kepada PT RUM. Pemerintah harus lebih tegas dalam mengedepankan masalah kesehatan masyarakat dan lebih mementingkan kondisi lingkungan sekitar. 

0 comments:

Post a Comment