14.1.18

Ekspor Mesti Diutamakan












         
Nama                   : Pipit Rahnania Khajati
NIM                      : 16.310.410.1134
Sumber                 : Kompas
Penulis                 : HEN
Tanggal                 : 13 Januari 2018

          Struktur pendapatan dan pembiayaan indonesia masih rapuh karena masih bergantung pada investasi asing dan utang luar  negeri. Oleh karena itu ekspor berbasis investasi mesti di jadikan agenda utama RI, selain pembangunan infrastruktur.
          Penguatan ekspor berbasis investasi juga dalam rangka menjadikan transaksi berjalan menjadi sulplus.
          Berdasarkan data dilaman Bank Indonesia yang dikutip kompas transaksi berjalan pada triwulan III – 2017 devisit 4337 miliar dolar AS devisit transaksi berjalan itu di tutup transaksi modal yang surplus 11 Juta dolar As dan transaksi finansial
Yang surplus 10428 miliardolar AS dengan demikian neraca pembayaran indonesia petriwulan III- 2017 surplus 5359 miliar dolar As
          Pada 2016 devisit pendapatan primer sekitar 30 miliar dolar A. Dari jumlah itu sebesar 17,65 miliar dolar As diantaranya digunakan untuk membayar difideninvestasi langusung dari luar negri dan 1,1 milar dolar As untuk membayar bunga utang investasi langsung.
          Ekonomi digital tidak hanya menyangkut e dagang tetapi juga teknologi komunikasi dan informasi disektor manfaktur dan jasa. Ketiganya harus membentuk ekositem ekonomi digital untuk meningkatkan ekonomi nasional khususnya sektor perdagangan katanya.


0 comments:

Post a Comment