19.12.17

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN# Psi Kepri 2

Perkembangan Kepribadian Pada AUD
Menurut Teory Raymond B.  Cattel
Ningnurani ( 1146 )
Fak : Psikologi UP'45 Yogyakarta


Masa Peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan.  Dan, masa ini juga merupakan dasar untuk mengembangkan kemampuan  kognitif,  bahasa, sosial-emosional, agama dan moral. 

Banyak orang yang mengharapkan anak - anaknya dapat tumbuh cerdas dan mendapat pendidikan yang baik,  tetapi pada kenyataanya yang terjadi justru sebaliknya.  Dalam hal Trait,  ada kecenderungan lingkungan yang tidak menghargai bahkan memaksa faktor keturunan untuk berubah/ menyesuaikan  diri.  ( Law at Coercion To Biososial Mean : Cattel) 

Penanaman karakter dan attitude, akan lebih berhasil jika dimulai dari  keluarga. Peran serta  guru dan lingkungan hanyalah faktor pendukung yang menunjang akan hal yang sudah diajarkan dan ditanamkan. Dominannya faktor keluarga dalam pembentukan karakter kepribadian anak usia dini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan kehidupan selanjutnya dimasa mendatang. 

Oleh karenanya pemberian stimulus - stimulus yang positif dan baik pada anak usia dini diharapkan mampu menjadikan anak - anak akan berkembang sesuai harapan dan mempunyai kepribadian yang matang serta sehat untuk kedepannya. 


sumber : Modul psikologi kepribadian II. / Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi, M.A./ UP 45 Yogyakarta 

0 comments:

Post a Comment