19.12.17

SABAR TERHADAP KEKECEWAAN MENUJU KEPRIBADIAN YANG MATANG NAN SEHAT



SABAR TERHADAP KEKECEWAAN MENUJU KEPRIBADIAN YANG MATANG NAN SEHAT


 NURUL WIDIASTONI
163104101152
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 2
DI BACA NORMAL 3 MENIT
Siapa sih yang tidak pernah kecewa?. Saya yakin setiap orang baik itu anak kecil, remaja, dewasa atau pun lansia, pasti pernah merasakan pahit dan manisnya kekecewaan. Apalagi seorang remaja yang akan menginjak usia dewasa awal. Pasti sering menjadi korban atau tersangka dari kekecewaan. Mulai dari hubungan pertemanan, sosial sampai hubungan percintaan. Hehehe...
Saya pernah membaca postingan di Facebook, entah itu benar atau salah yang pasti sangat menarik sekali. Di situ di jelaskan bahwa, kekecewaan diartikan sebagai reaksi atas ketidaksesuaian antara harapan, keinginan dengan kenyataan. Rasa kecewa bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari hal-hal yang kelihatannya sangat biasa, menjadi besar dan akhirnya menyiksa perasaan. Faktor penyebab utama timbulnya kekecewaan ialah karena target yang kita tentukan terhadap sesuatu atau seseorang tidak terpenuhi, sehingga seringkali kita ingin menyalahkan sesuatu atau menghakimi orang lain.
Seorang tokoh Psikologi Gordon W Alport yang menjelaskan tentang keunikan kepribadian menjelaskan bahwa, Dia tidak percaya bahwa orang- orang yang matang dan sehat dikontrol dan dikuasai oleh kekuatan- kekuatan tak sadar- kekuatan- kekuatan yang tidak dapat dilihat dan dipengaruhi. Orang- orang yang sehat bebas dari paksaan- paksaan masa lampau. Orang- orang yang sehat dibimbing dan diarahkan oleh masa sekarang dan oleh intensi- intensi ke arah masa depan dan antisipasi- antisipasi masa depan.
Alport menyebutkan di dalam pekembangan kepribadian yang sehat terdapat 7 ciri kriteria kepribadian yang matang, salah satunya adalah “Keamana Emosional”. Disana di jelaskan, sifat dari kepribadian yang sehat meliputi beberapa kualitas, kualitas utama adalah penerimaan diri. Kualitas lain dari keamanan emosional ialah apa yang disebut Allport ”sabar terhadap kekecewaan”.
Dari penjelasan di atas dapat di pahami bahwa orang yang mempunyai kepribadian yang sehat dalam tanda kutip matang adalah orang yang mempunyai rasa keamanan secara emosional. Artinya mempunyai penerimaan diri yang baik. Disamping itu juga mempunyai kesabaran yang tinggi dalam menjalani realita kehidupan. Karena itu, kematangan spiritualitas, kecerdasan emosi, serta keterbukaan pikiran diperlukan untuk mengelola rasa kecewa.
Disinilah pentingnya mempunyai seorang teman, sahabat, keluarga atau orang-orang yang profesional di bidangnya. Mereka adalah support sistem yang baik dalam membantu kita untuk keluar dari kekecewaan. Kita butuh mengeluarkan uneg-uneg yang membuat kita kecewa kepada orang lain. Karena masalah sebesar apapun kalau di pikirkan oleh banyak kepala akan terasa ringan.
Semoga kita bisa terhindar dan di jauhkan dari perasaan kecewa.

Referensi
-          Handout Psikologi Kepribadian II dengan dosen pengampu Fx. Wahyu. W, S.psi. MA
     

0 comments:

Post a Comment