17.11.17

Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Eksplorasi Minat Anak Muda
Nurul Hidayah
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45

4 mahasiswa ilmu komputer FMIPA UGM membuat aplikasi bernama Calova yang berbasis android. Aplikasi ini berisi event-event untuk meningkatkan soft skill anak muda sesuai minat dan bakatnya. Saat log in pengguna harus menjawab sekitar 35 pertanyaan yang mengandung tes psikologi guna mengetahui minat dan bakatnya, setelah itu pengguna akan direkomendasikan untuk mengikuti event-event berupa workshop, magang, kursus, beasiswa, kompetisi, volunter sesuai minatnya.
Progres pengembangan aplikasi ini adalah penambahan artikel edukasi sebagai motivasi dan push notification untuk memberi informasi rutin terkait event-event yang akan berlangsung serta menambahkan chat room untuk saling berkomunikasi pada peminat yang sama. Aplikasi ini mendapat juara satu pada kompetisi DINACOM di Univ Dian Nuswantara, Semarang.
Kritik terhadap tulisan ini : ini adalah artikel yang menarik. Sudah seharusnya pemuda sebagai penerus bangsa memikirkan dan mulai bergerak memajukan bangsanya. Dengan tujuan untuk mengembangkan remaja sesuai minat dan bakatnya sudah menjadi modal untuk mengembangkan bangsanya.
Individu yang berkumpul bersama kelompok yang memiliki minat dan kesesuaian yang sama akan mendapatkan perasaan nyaman dan cenderung mengikuti perilaku mayoritas kelompok tersebut (konformitas). Semakin baik perilaku atau kebiasaan kelompok maka diharapkan individu semakin berkembang kearah yang positif.  


Sumber : Riyandi, Rizma. (2016). Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Eksplorasi Minat Anak Muda. Republika, 2 Maret. 

0 comments:

Post a Comment