16.11.17

BCA BANGUN LEADERSHIP MAHASISWA

RESENSI ARTIKEL :

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

BCA BANGUN LEADERSHIP MAHASISWA

            Bank Central Asia (BCA) mengadakan pelatihan pengembangan diri dengan tema “Star Leader Program”, acara ini diadakan untuk mendorong peningkatan kualitas SDM melalui edukasi dan pelatihan kepada mahasiswa. Mahasiswa bukan hanya sebagai generasi penerus dan juga generasi yang mampu bersaing saja namun juga mampu menjadi calon pemimpin yang membanggakan dengan terus mengembangkan karakter dan kemampuan diri mahasiswa. Sebelum memasuki dunia kerja mereka perlu mempersiapkan diri agar memiliki jiwa yang positif, karakter kuat, dan berkompeten dalam bidang pekerjaan yang digelutinya.

            Dalam pelatihan yang berlangsung selama 2 hari, BCA memberikan pembekalan akan pentingnya etos kerja, motivasi, daya kreasi dan inovasi yang tinggi agar mahasiswa dapat masuk dan bertahan di dunia kerja. Ada 4 pembekalan yang diberikan peserta dalam pelatihan ini. Pertama, Self Management untuk membangun kapasitas kepemimpinan yang profesional. Task Management untuk membangun kapasitas kepemimpinan dalam mengerjakan tugas. Relationship Management untuk mempelajari ketrampilan membangun hubungan yang efektif dalam tim dan mengelola perbedaan dalam tim. Winning Life Sytle untuk mengembangkan pola pikir dan membangun motivasi diri dalam rangka mencapai keberhasilan. Semoga melalui program ini BCA dapat mendorong lahirnya generasi muda profesional dan berkompeten.
Kritikan dalam artikel ini :
Bahwa program pelatihan yang diadakan BCA sangatlah baik mengingat bahwa mahasiswa merupakan generasi penerus yang perlu terus ditingkatkan kualitasnya. Karena saat mahasiswa lulus kuliah mereka akan menghadapi tantangan untuk dapat bersaing dengan bangsa lain, terutama memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Namun juga mahasiswa juga dituntut perlu meyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. Program pelatihan ini hanya sebagai jembatan bagi mahasiswa sisanya kembali ke mahasiswa sendiri apakah mereka sadar ingin lebih maju dan berkualitas atau hanya diam di tempat?
Sumber :

Azwar, Khoirul. (2016). BCA bangunkan leadership mahasiswa. Republika, 23 Februari

0 comments:

Post a Comment