16.11.17

BANK INDONESIA LIBATKAN MAHASISWA UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN

RESENSI ARTIKEL :

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

BANK INDONESIA LIBATKAN MAHASISWA UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN
            Program corporate social responsibility (CSR) yang diadakan oleh Bank Indonesia secara nasional telah dimulai sejak 2013 dan khusus Riau telah di programkan sejak 2014 dan 2015 bagi 80 mahasiswa, yang diikuti dari mahasiswa UIN Suska (40 orang) dan Universitas Riau (40 orang). Program ini mendukung upaya percepatan pembangunan nasional, yeng bertemakan pengembangan ketahanan pangan, komoditas unggulan, edukasi indonesia untuk anak usia delapan sampai 12 tahun di wilyah perbatasan dan pemberdayaan perempuan. Keterlibatan mahasiswa ini melalui seleksi karena berprestasi sebagai upaya pembentukan dan pengembangan karakter pemuda agar kelak menjadi penerus bangsa yang berkualitas.
            Bank Indonesia juga melibatkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang diikuti sebanyak 80 mahasiswa yang sudah terpilih ini. Keterlibatan GenBi antara lain, mennjadi pendukung kegiatan eduasi masyarakat tentang BI dalam Pekanbaru ekspo, turun lapangan menyalurkan bantuan bagi korban banjir, serta menghimpun data tentang jumlah kkorban dan kondisi banjir daerah. Namun, dalam kegitan pembentukan karakter lainnya, BI juga menggelar kela bahasa Inggris setiap Jum’at sore yng memuat program diskusi dalam bahasa inggris serta mengupas film berbahasa Inggris dan juga ruang diskusi membedah/resensi buku.
Kritikan artikel ini
Dalam artikel ini, program yang diadakan Bank Indonesia kurang merata kesemua lapisan mahasiswa. Bahwa yang sudah di jelaskan diatas bahwa mahasiswa yang terpilih adalah hasil dari seleksi para mahasiswa yang berprestasi. Ini sungguh menciutkan kemampuan mahasiswa yang mungkin kurang berprestasi, belum tentu yang berprestasi bisa mengimplementasikan program inidan juga tak dijelaskan alasan mengapa hanya mahasiswa yang terpilih dan berprestasi saja? Seharusnya juga program ini merata disetiap lapisan mahasiswa tanpa kecuali agar semua dapat merasakan manfaat dari program yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
Sumber :

Azwar, Khoirul. (2016). BI libatkan mahasiswa untuk percepatan pembangunan. Republika, 23 Februari

0 comments:

Post a Comment