5.6.17

TUGAS PIO MERKURI PICU BENCANA

RESENSI PIO
16.310.410.1141
FAKULTAS PSIKOLOGI RESENSI PIO
FATKHUL aziz
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

MERKURI PICU BENCANA

                Logam berat merkuri di indonesia semakin mudah di peroleh dipasaran seiring dengan maraknya produksi di dalam negeri.hal ini menyebabkan tingginya cemaran merkuri sehingga berpotensi memicu bencana ekologi, terutama didaerah pengolahan bijih sinambar, bahan baku merkuri.
                Bedasarkan data dari united nations international tradestatistics database (UN  C omtrade ) yang dikumpul;kan  balifokus,pada 2015 ekspor merkuri dari indonesia ke sejumlah negara mencapai 567,53 ton dan pada 2016 mencapai 1300 ton.
                Berdasarkan  pengukuran konsentrasi merkuri di udara di beberapa desa di sukabumi oleh kementrian lingkungan hudup dan kehutanan, rata – rata hasilnya 102,07 mikrogram per meter kubik. Padahal, ambang baku  mutu merkuri di udara 100 mikrogram per meter kubik.merkuri termasuk polutan  yang persisten  (bertahan  dilingkungan  ) dan bisa terbawa air dan udara. Cemaran merkuri bisa memicu kanker dan berbagai persoalan kesehatan lainnya.
Kesimpulan
                Memproduksi merkuri dan diekspor  bisa menambah pendapatan  negara dan warga yang ada di sekitar,tapi kalau  dalam memproduksi melebihi ambang batas , akan memicu  pencemaran  lingkungan  mengakibatkan buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar , pencemaran merkuri memicu penyakit kanker

SUMBER : AIK/HEN.jum’at,19 mei 2017.KOMPAS





0 comments:

Post a Comment