5.6.17

RESENSI PIO KEMBALIKAN KESEPAKATAN BANGSA

Resensi pio
Fatkhul aziz
16.310.410.1141
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 yogyakarta

KEMBALIKAN KESEPAKATAN BANGSA

                Tujuh bulan terakhir membuat bangsa indonesia stres tekad bangsa bersatu dan saling menerima berada di bawah tekanan berat.tekad bersama sumpah pemuda  yaitu bahwa “kita semua sama – sama orang indonesia “ (“satu tanah air “ “satu bangsa “ dengan  “satu bahasa persatuan “) tergeser oleh sikap  “ kami harus membela diri terhadap mereka “
            Namun apakah kita mau berhenti disini ? yang satu gembira merayakan kemenangannya, yang satunya tenggelam dalam ketersinggungan?sebenarnya situasi tidak segelap itu.tidak semua yang pada tanggal 19 april menolak periode kedua kegubernuran Ahok merupakan “periodialistik”,”fanatik” , “garis kerass”, sementara mereka yang sekarang menunjukan solidaritas dengan ahok berasal darisemua komunitas religius di indonesia.
            Sebagai demokrat kita menerima hasil pemilihan itu juga kalau kita berbeda harapan.kita justru harus mendukung dan memajukan demokrasi indonesia.dengan demikian , kita juga memperluas ruang gerak gubernur dan wakilnya untuk menolak tekanan dari beberapa pihak ekstrem yang barangkali mau memiliki mereka.
KESIMPULAN
            Bahwa kita mempertahankan ego kita masing – masing  demi fanatiknya akan membuat bangsa menjadi tercerai berai dan akan mudah disusupi oleh pihak luar.
            Dan kalau kita mau mengorbankan ego kita dengan menerima kekalahan demi menjunjung tinggi demokrasi akn membuat kita semakin kuat dan kokoh dari rong – rongan pihak luar

:SUMBER: SUSENO ,FRANZ MAGNIS.jum’at 19 mei 2017.kompas halaman 6 

0 comments:

Post a Comment