20.4.17

Schizophrenia



Oleh : Subur Triyono ( 16.310.410.1119 )
Fakultas  : Psikologi
UP'45 Yogyakarta 

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Kondisi yang biasanya berlangsung lama ini sering diartikan sebagai gangguan mental mengingat sulitnya penderita membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.
Penyebab skizofrenia
Sebenarnya para ahli belum mengetahui apa yang menjadi penyebab skizofrenia secara pasti. Kondisi ini diduga berisiko terbentuk oleh kombinasi dari faktor psikologis, fisik, genetik, dan lingkungan.

A.Faktor Biologis
1. Adanya gangguan pada neurotransmitter (penyampaian pesan secara kimiawi) dimana terjadi ketidakseimbangan produksi neurotransmitter dopamine, bila kadar dopamine berlebihan atau kurang,penderita dapat mengalami gejala positif atau gejala negatif.
2.    Pengaruh genetik
    Kemungkinan bahwa schizophrenia merupakan kondisi kompleks warisan, dengan beberapa gen mungkin berinteraksi untuk menghasilkan resiko schizophrenia terpisah atau komponen yang dapat terjadi mengarah diagnosa. Gen ini akan muncul untuk nonspesifik dimana mereka dapat menimbulkan resiko gila lainnya. Seperti kekacauan gangguan bipolar. Duplikasi dari urutan DNA dalam gen (dikenal sebagai menyalin nomor varian) memungkinkan terjadi peningkatan resiko schizophrenia
b.    Faktor Psikososial
     Skizofrenia ditinjau dari factor psikososial sangat dipengaruhi oleh faktor keluarga dan stressor psikososial.
    Beberapa pendapat mengatakan bahwa penyebab sosial dari skizofenia di setiap kultur berbeda tergantung dari bagaim ana penyakit mental diterima di dalam kultur, sifat peranan pasien, tersedianya sistem pendukung sosial dan keluarga, dan kompleksitas komunikasi sosial.
Contoh kasus
Seorang  anak di duga mengalami gangguan mental karena factor keturunan hal ini di ketahui karena ada kejadian serupa pada keluargan nya.
Kesimpulan
Gangguan  Skizofrenia dapat di pengaruhi oleh faktor genetic dan juga faktor psikososial


Sumber 
Prahastia Kurnia Putri. (2012) Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental
Vol. 1 No. 02


0 comments:

Post a Comment