20.4.17

RESENSI KORAN KOMPAS : ALIH TEKNOLOGI OPTIMALKAN SUMBER DAYA

                                                 RESENSI KORAN KOMPAS


NAMA & NIM                              : SITI HANIFAH (16.310.410.1151)
JUDUL ARTIKEL                         : Alih Teknologi Optimalkan Sumber Daya
NAMA PENULIS                          : (CAS)
TANGGAL TERBIT                      : 23 Maret 2017

SINOPSIS ARTIKEL                     
Untuk mengoptimalkan pemanfaaatan sumber daya sumber daya daerah. Produk olahan yang dihasilkan dari proses alih teknologi itu dapat memenuhi kebutuhan warga setempat atau dikomersilkan. Industri di pedesaaan merupakan industri yang dikembangkan. Contohnya pangan, barang dari kayu, dan furniture. Sudah mulai dicoba pada masyarakat daerah Jember Jawa Timur, untuk mengolah singkong menjadi tepung singkong dan tepung itu dapat diolah menjadi produk makanan dan dicampur dengan tepung daun kelor yang bernutrisi. Tujuannya masyarakat mampu menyebarkan ilmu tersebut pada masyarakat yang lain. Melalui balai penelitian atau kerjasama dengan perguruan tinggi, dapat mengenalkan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya daerah tersebut. Selain itu banyak teknologi yang menggunakan tekanan tinggi, misalnya, dapat membentuk bambu menjadi lembaran papan serupa kayu. Papan bambu yang telah diolah tersebut dapat dipakai sebagai bahan baku mebel
Selain memenuhi kebutuhan setempat, produk tersebut juga dapat dikomersilkan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun inovasi yang dapat dikomersilkan dan diantarkan untuk dimanfaatkan masyarakat masih terbatas. Inovasi di Indonesia perlu terus ditingkatkan.
Upaya menghadirkan riset yang dapat menghasilakan inovasi menjadi sebuah keniscayaan. Sumber daya manusia yang dilengkapi inovasi diyakini dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya lahan, pantai, dan laut di Indonesia. Langkah ini diyakini akan menggeser corak perekonomian Indonesia.        
HAL YANG PENTING DALAM ARTIKEL
Untuk mengoptimalkan pemanfaaatan sumber daya sumber daya daerah. Produk olahan yang dihasilkan dari proses alih teknologi itu dapat memenuhi kebutuhan warga setempat atau dikomersilkan. Industri di pedesaaan merupakan industri yang sangat baik dikembangkan. Selain itu sumber daya manusia yang dilengkapi inovasi diyakini dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya lahan, pantai, dan laut di Indonesia. Langkah ini diyakini akan menggeser corak perekonomian Indonesia.        
Aspek psikologis : Pada artikel tertulis "Tujuannya masyarakat mampu menyebarkan ilmu tersebut pada masyarakat yang lain". Dalam teori psikologi yaitu teorinya Trondike Stimulus-Respon. Saat masyarakat mendapatkan stimulus diharapkan mampu merespon dan menyebarkan kepada masyarakat yang lain

KESIMPULAN : Dari artikel tersebut disimpulkan bahwa kita sebagai warga Indonesia harusnya bisa ikut andil dalam pengembangan menginovasi sumber daya yang ada sehingga pengelolaan sumber daya lahan, pantai dan laut di Indonesi dapat optimal. Paling tidak jika tidak ikut andil janganlah merusak ataupun mengotori sumber daya Indonesia contohnya saja jangan buang sampah sembarangan saat kita berwisata kepantai atau tempat-tempat wisata lainnya.
KELEBIHAN ARTIKEL : Gaya bahasa sangat mudah dipahami baik itu dari kalangan intelektual hingga masyarakat biasa (awam).
KEKURANGAN : Pesan atau solusi tindakan untuk pembaca diparagraf terakhir masih agak samar.  

0 comments:

Post a Comment