19.4.17

PENTINGNYA MOTIVASI DAN KEPUASAN INDIVIDU DALAM BEKERJA



PENTINGNYA MOTIVASI DAN KEPUASAN INDIVIDU DALAM BEKERJA

Oleh :
NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Setiap orang pasti memiliki banyak sekali kebutuhan dalam hidupnya. Baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani.
Dalam hal ini setiap orang juga akan berusaha bagaimana pun caranya untuk dapat memenuhi  kebutuhannya tersebut dalah satunya dengan bekerja. Bekerja pun juga dengan adanya alasan dan juga tujuan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan semata. Namun juga dalam rangka mencari pengalaman, belajar mandiri dan sebagai usaha untuk mencapai sebuah cita-cita.  Meskipun belum sepenuhnya lepas dari tanggung jawabkedua orang tua.
Beberapa hari yang lalu saya mewawancarai salah satu teman saya yang bernama Achirin Laras Pangesti (20). Ia bekerja sebagai guru pendamping di sebuah sekolah TK di Banyumas. Ia sudah bekerja selama kurang lebih satu tahunan.
Achirin Laras Pangesti

Ketika saya bertanya mengenai motivasi dan kepuasan ia bekerja di sekolahan tersebut, ia mengatakan bahwa ia bekerja karena ingin mencari sebuah pengalaman , belajar mengajar  untuk bekal mencapai cita-citanya sebagai seorang guru. Meskipun ia hanya lulusan SMA.
Awalnya ia merasa kurang nyaman dengan lingkungan kerja barunya itu karena ia belum begitu paham apa dan bagaimana ia harus bekerja di sekolah. Namun, setelah beberapa lama bekerja ia merasa senang. Meskipun belum pada tingkat kepuasan yang ia harapkan dalam bekerja. Selain masalah gaji juga ia merasa kurang puas dalam kegiatan ia mengajar yang cukup terbatas karena ia baru sebagai guru pendamping.
Saat ini ia berharap bisa melanjutkan pendidikannya terlebih dahulu untuk dapat mencapai cita-citanya sebagai seorang guru PNS. Oleh karena itu, ia berusaha untuk dapat diterima di Universitas yang ia impikan tahun ini. Dengan tujuan di masa yang akan datang ia dapat bekerja  dengan layak sesuai dengan harapannya.
Kesimpulan :
Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mencapai kepuasan dalam bekerja, dan memiliki motivasi dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. “Usaha tidak akan menghianati hasil”.

0 comments:

Post a Comment