19.4.17

MASYARAKAT MODERN DAN BERITA HOAX



ARTIKEL PSIKOLOGI SOSIAL
MASYARAKAT MODERN DAN BERITA HOAX
PENGARANG : SEPTIANA ABIDIN
NIM                  : 16.310.410.1147
                Media masa, baik mainsteream maupun alternatif selalu menjadi pedang bermata dua tengah hunungan antar masyarakat maupun negara. Disatu sisi media masa bisa menjadi alat untuk menciptakan perdamaian di tengah konflik yang terjadi di dalam masyarakat. Dalam hal ini, media berfungsi untuk mencegah dan meredakan konflik yang bakal atau tengah berlangsung dengan memeberikan pencerahan mengenai pemberitaan akurat,obyektif,dan bertanggung jawab. Sehingga kelompok masyarakat atau bahkan negara yang terlibatkan konflik lebih mudah untuk diajak berekonsialisasi dalam menciptakan perdamaian.
Masyarakat modern saat ini dihadapkan dengan segala jenis alat komunikasi modern. Masyakarat di zaman modern harus mampu memilih berita yang sangat rentan dengan berita hoax yang kebenarannya pantas di pertanyakan. Masyarakat modern sudah sangat canggih dengan smartphone. Handphone yang setiap saat mampu mengaskses semua berita dengan cepat namun belum tentu semua berita itu benar atau hanya hoax.
                Masyarakat modern tidak dapat di pungkiri selalu mengakses semua berita dengan mudah. Namun kehidupan masyarakat modern sangat dipertanyakan karena mereka akan dengan mudah di bohongi berita yang tidak jelas asal usulnya. Menanggapi berita hoax bukan sepantas nya masyarakat memperpanjang berita cukup untuk pengetahuan diri nya bahwa tidak semua berita yang bersumber dari internet itu benar. Kemudahan akses internet juga penyebab utama masyarakat dapat dengan mudah mendapat informasi ataupun berita.

    
DAFTAR PUSTAKA :
Perwita Banyu Agung Anak Dan Sabban Nabilla,2015,Kajian konflik Dan Perdamaian,Yogyakarta: Graha Ilmu












0 comments:

Post a Comment