15.4.17

HASIL KUNJUNGAN KE RSJ GRHASIA

HASIL KUNJUNGAN KE RSJ GRHASIA

NAMA : M.RIAND PURWADINATA
NIM : 15.310.410.1118

 PSIKOLOGI ABNORMAL

Tingginya kasus gangguan kejiwaan diseluruh dunia menjadi perhatian khusus para pemangku kepentingan yang terkait dengan kebijakan kesehatan mental (Davey,2008).
Prevatensi gangguan jiwa berat tertinggi terdapat di daerah istimewa yogyakarta (DIY) & Aceh. Ada banyak faktor yang menyebabkan tinggi nya kasus gangguan jiwa berat.Untuk Aceh,kasus gangguan jiwa mayoritas disebabkan oleh truma pasca bencana tsunami.
Hasil obesrvasi yang dilakukan pada bangsal Rsj Grahasia,terdapat prilaku yang berbeda -beda,
seperti,cemas,berbicara sendiri,berhalusinasi,daya ingat kurang dan kecirigaan yang berlebihan.
Banyak kegiatan sosial yang dilaukanpasien selama di bangsal.Salahsatunya adalah olahraga di pagi hari,dan pasien diajarkan untuk membuat kerajinan tangan.
Hasil wawancara kepada penjaga bangsal,bahwa sebut saja nama si pasien (Mr x) mempunyai gangguan yang sering berhalusinasi,suka bicara sendiri dan daya ingat yang sangat kurang.Gejala yang umum ditunjukkan oleh penderita gangguan jiwa tersebut adalah berjalan tanpa tujuan,dan berbicara sendiri. Kloos,dkk (2012). Menyampaikan bahwa konsep psikologi komunitas berbeda-beda dengan konsep psikologi lainnya,terutama psikologi individual ,dalam dua aspek.
Pertama: psikologi komunitas menawarkan kerangka berfikir yang berbeda menegnai konsep prilaku manusia,dengan melihat prilaku sebagai bagian dari dinamika sebuah komunitas. Aspek kedua adalah perluasa topik yang layak di pelajari dalam bidang psikologi.


DAFTAR PUSTAKA

Kurniawan. Y & Sulistyrini. I , 2016. INSAN. Jurnal Psikologi dan kesehatan mental, vol.1(2

0 comments:

Post a Comment