21.4.17

HARGA KAKO DI SULAWESI TENGAH ANJLOk




RESENSI PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI


HARGA KAKO DI SULAWESI TENGAH ANJLOk


Nama                           : Chatu Septiana
NIM                            : 16.310.410.1155
Judul                           : HARGA KAKO DI SULAWESI TENGAH ANJLOk
Penulis                         : VDL(Inisial)
Penerbit                       :KOMPAS
Tanggal Terbit             : 20 April 2017
            SIGI, KOMPAS- Harga kako kering di tingkat petani di Sulawesi Tengah saat ini menuru drastis mejadi Rp. 25.000 per kilogram. Padahal , harga pada musim panen tahun lalu 35.000 per kilogram.  Pemerintah tidak bisa mengontrol hara karena fluktasi murni ditentukan mekanisme pasar. Para petani merasa sangat rugi dan mereka hanya ingin pemerintah mengembalikan harga pasar kako agar para petani merasa kan hasil panen mereka.
            Menurut salah satu petani harga saat ini tidak sebanding dengan biaya perawatan tanaman kako. Dia mencontohkan untuk membeli pemberantas hama dibutuhkan pestisisda sebanyak 2 liter. Meskipun harga kako sangat turun drastis namun para petani kako tidak lantas beralih karena menurut mereka walaupun harga jual tidak tinggi namun hasil panen berapapun mereka akan tetap mempertahankan kualitas dan harga kakao.
            Pemerintah juga meminta para petani untuk tetap mempertahankan tanama kako walaupun harga anjlok namun tanamn tersebut juga sebagai pemasukan untuk masyarkat dan pemerintah. Dengan tidak terawat nya area pertanian kako maka para petani di minta untuk bekerja sama memperhatikan nasib taman kakao agar tetap berkembang dengan baik.

SUMBER
VDL.2017. Harga Kako Di Sulawesi Tengah Anjlok.KOMPAS,20 April 2017.

0 comments:

Post a Comment