12.1.17

“ARECA JOKIWI”, SI PINANG LANGSING DARI PAPUA

RESENSI ARTIKEL
“ARECA JOKIWI”, SI PINANG LANGSING DARI PAPUA
SITI ASMAUL HUSNA
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

Areca jokowi adalah jenis pinang di Papua yang ditemukan oleh Charlie D Heatubun seorang Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Papua. Ia beri nama pinang jokowi sebegai penghargaan kepada Jokowi yang sebagai pribadi menunjukkan keteladanan dalam kepemimpinan dan kesederhanaan. Sebagai presiden pilihan rakyat dan pemimpin negara, beliau sangat menaruh perhatian besar pada kesejahteraan dan kemajuan tanah papua. Pinang jokiwi dinilai unik, ciri paling menonjol adalah perbungaannya yang termasuk kecil tetapi padat, serta bunga betinanya punya calyx putih kontras. Pinang itu berperawakan palem tunggal, berbatang langsing.


Tanaman pinang itu ditemukan di lahan – lahan masyarakat, pinang yang dalam bahasa lokal bernama siaku’ itu umum sebagai bagian penting kebiasaan menyirih orang papua yang dikunyah bersama sirih dan bubuk kapur. Dalam jurnal disebutkan, pinang jokowi berasal dari hutan perbukitan di Kepala Air Kali Ima. Warga desa Umbrika mengambil biji pinang diatas perbukitan setinggi 300 m, lalu ditanam di kebun warga hingga kini. Spesies ini renta terhadap kepunahan, namun seakan ironi dengan kekayaan hayati Papua. Baik di belantara maupun dibawah lautnya yang tak henti memunculkan jenis – jenis baru. Dalam konferensi pers di Jakarta, sekertaris daerah provinsi Papua menjanjikan, “ apapun yang dilakukan tetap dengan menjaga kepentingan masa depan. Jangan sampai mengejar ekonomi, lalu korbankan segalanya”. (ICHWAN SUSANTO)

Kompas, Jumat 23 Desember 2016

Kelebihan     : mengetahui bagaimana Jokowi meengupayakan pemerataan hingga ke Papua, sehingga beliau begitu dihargai hingga penghujung Indonesia tersebut.

Kekurangan : tidak menyebutkan kegunaan lain selain sebagai digunakan sebagai kebiasaan menyirih orang – orang Papua.

0 comments:

Post a Comment