12.12.16

BERUBAH DAN MENGUBAH DI OGOTUA



RESENSI ARTIKEL : BERUBAH DAN MENGUBAH DI OGOTUA

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Banyak orang beranggapan bahwa kehidupan dokter itu selalu dalam kemewahan, dokter itu pasti kaya. Anggapan ini tidak berlaku untuk dr Yurdhina Meilissa. Beliau harus berjuang untuk menjawab pernyataan tersebut. Setelah lulus dari pendidikan kedokteran harapan dr Icha untuk bekerja menjadi seorang dokter di sebuah rumah sakit harus pupus ketika beliau gagal mendaftar di sebuah rumah sakit di Papua. Namun kegagalan ini tidak menutup kemauan dr Icha untuk mengabdikan ilmunya. Berawal menjadi penasihat medik di sebuah perusahaan kemudian beliau bergabung dalam program Pencerah Nusantara dimana program ini menghimpun dokter muda untuk ditempatkan daerah terpencil yang buruk akses kesehatannya. Selama satu tahun tugas dari program ini adalah berupaya memetakan dan mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di daerah tersebut. Bersama beberapa orang dr Icha ditempatkan di Ogotua, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Di daerah ini dr Icha belajar banyak menjadi seorang abdi negara sebagai seorang dokter dengan kondisi dan situasi yang diluar harapannya.

Di Ogotua ini dr Icha bersama temannya berusaha membangun dan memperbaiki sistem dan fasilitas yang selama ini tidak berfungsi karena sistem tidak berjalan. Harapannya perubahan ini bisa menghidupkan kembali sistem di daerah ini. Setelah pulang dari Ogotua, dr Icha bertekad untuk merubah persepsi dan cita-citanya sebagai seorang dokter tidak harus bekerja di rumah sakit. Beliau saat ini lebih mantap untuk memperbaiki sistem layanan kesehatan di Indonesia  dengan perubahan kebijakan dan perilaku baik pasien maupun dokter.
Kelebihan dari artikel ini adalah menunjukkan motivasi generasi muda untuk berani keluar dari zona nyaman, mengubah persepsi masyarakat bahwa seorang dokter itu tidak harus bekerja di rumah sakit dan hidup dalam kemewahan. Selain itu, hal positif lainnya adalah mendorong kita sebagai generasi muda mempunyai tugas yang sangat penting sebagai warga negara yaitu ikut serta memajukan kesejahteraan saudara kita di daerah lain dengan segala kemampuan kita tidak hanya sebagai dokter.
Harapannya akan semakin banyak program-program yang bisa memfasilitasi para generasi muda untuk berkiprah dengan segala keahlian dan kemampuannya untuk bisa berguna bagi masyarakat dan orang lain dan untuk negara Indonesia.

Nugroho, W (2015). Berubah dan Mengubah di Ogotua. Kompas, Sabtu 25 April 2015

0 comments:

Post a Comment