15.11.16

Ringkasan Artikel : Tukang Teriak Soal Kebersihan

Tukang Teriak Soal Kebersihan

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sebagai manusia harus bersama-sama menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal, dan harus ada seseorang yang mampu mengendalikan sesama manusia untuk menjaga lingkungan agar tetap dalam keadaan bersih. Seperti yang dilakukan Susi, Susi adalah ketua RT 001 sekaligus penggerak dalam menjaga kebersihan.

Salah satu yang dilakukan Susi yaitu dengan cara berteriak menggunakan pengeras suara yang ada di masjid untuk mengingatkan para warga, misalnya ketika awan hitam sudah mulai tampak dan itu menandakan bahwa akan turun hujan, maka Susi langsung mengingatkan seluruh warganya untuk membersihkan sampah dan memastikan selokan tidak ada sampah yang akan menghambat air dan akan membuat banjir.

Tidak hanya mengingatkan warganya untuk menjaga lingkungan sekitar, Susi juga mengingatkan para ibu rumah tangga yang memiliki bayi untuk posyandu dan memeriksakan bayi mereka, agar tidak ada lagi bayi yang mengalami gizi buruk. Selain itu, Susi juga mengajak warga untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar (BAB) sembarangan seperti di sugai atau di sawah.

Tujuh tahun lalu, Susi bukan orang yang cerewet seperti sekarang. Sejak anak bungsunya yang bernama Muhammad Farhan, meninggal karena cacar. Kejadian itu membuat Susi merasa bersalah, sehingga Susi mencalonkan diri menjadi ketua RT 001 dan sejak itu Susi menjadi wanita yang cerewet yang sering teriak menggunakan pengeras suara yang ada di masjid, untuk meminta warganya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka agar tetap bersih dan tidak menjadi sarang penyakit.


Sumber : Nugroho. R. A. (2016). Tukang Teriak Soal Kebersihan. Kompas. 17 Oktober. Halaman 16.

0 comments:

Post a Comment