15.11.16

Ringkasan Artikel : Inovasi Daerah

Inovasi Daerah : Melibatkan Mahasiswa Berantas Kemiskinan

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan, selain itu juga ketidakseimbangan laju roda pembangunan di perkotaan memunculkan masalah baru yaitu masalah sosial. Demi mengentaskan warga miskin, pemerintah Kota Surabaya maniti jalan pendidikan melalui program Campus Sosial Responsibility.

Rega Fitriawati merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jawa Timur. Rega adalah salah satu mahasiswa yang menjadi kakak asuh dan Rega menjadi kakak asuh Rafli. Program Campus Sosial Responsibility merupakan program kerja sama pemkot dengan Perguruan Tinggi, dengan melibatkan mahasiswa untuk mendampingi anak putus sekolah dan anak rentan putus sekolah. setiap mahasiswa bertanggungjawab terhadap satu adik asuh.
Program CSR ini diharapkan dapat mentransfer ilmu pengetahuan dan wawasan dari mahasiswa kepada adik asuhnya sehinggan terjadi perubahan pola pikir dan perilaku. Selain itu, tujuan dari program CSR ini adalah untuk mengembalikan anak-anak penyandang masalah sosial ke bangku sekolah.


Sumber : Astuti. R. S. (2016). Inovasi Daerah : Melibatkan Mahasiswa Berantas Kemiskinan. Kompas. 17 Oktober. Halaman 24.

0 comments:

Post a Comment