2.11.16

Resesnsi Artikel ;Terungkap , 1 Kemampuan Karyawan Yang Banyak DI Cari Perusahaan



Fadli Amin

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Terungkap , 1 Kemampuan Karyawan Yang Banyak Di Cari Perusahaan

Krisis ekonomi yang melanda dunia berdampak pada semakin sempitnya lapangan kerja untuk para generasi muda. Tak ayal kompetisi di bursa kerja pun semakin tinggi.
Namun, Anda tak usah khawatir. Sebab, sebuah riset dari National Association of Colleges and Employers, mengungkapkan kebanyakan perusahaan besar mengincar karyawan dengan satu kemampuan, yaitu keterampilan komunikasi terutama menulis atau written communication skills.
Hasil riset menyebutkan bahwa 73,4 persen manajer dari berbagai perusahaan besar di dunia mendambakan kandidat karyawan dengan kemampuan tersebut.
Selain itu, para manajer juga mencari kandidat yang memiliki kemampuan pemimpin yang baik dan mampu bekerja dalam tim.
Jason Fried, Founder Basecamp, perusahaan konsultan bisnis, mengatakan bahwa kemampuan menulis memang sangat penting dan prioritas.
“Jika Anda bimbang memilih kandidat karyawan, pilihlah yang memiliki kemampuan menulis yang cemerlang. Sebab, kemampuannya itu bisa membawa perusahaan Anda pada posisi yang lebih baik,” jelas Fried.
Penulisan yang bagus dan jelas, kata Fried, mewakili cara berpikir si penulisnya.
“Penulis yang baik tahu cara berkomunikasi yang cakap. Mereka biasanya mampu menyederhanakan konflik yang rumit sehingga bisa dipahami banyak orang. Selain itu, mereka bisa memposisikan dirinya pada posisi orang lain. Jadi, mereka bisa mencairkan suasana yang panas,” urainya.
Kemampuan menulis, imbuh Fried, merupakan syarat dan refleksi seseorang piawai dalam membuahkan ide yang bagus.



Sumber ; Kontributor Female, Rakhma , 31 oktober 2016, Kompas

Kritik ; artikel tersebut menurut saya untuk kebenaran isinya masih bersifat tabu, atau belum dapat di buktikan sepenuhnya dalam konteks permasalahan yang lebih luas. karena di dalam setiap perusahaan pasti mempunyai kriteria yang berbeda-beda ,sesuai dengan Job Desk yang di berikan pada setiap karyawan. 
Namun, disisi lain saya setuju memang benar, kemampuan komunikasi dan leadership sangat di perlukan dalam dunia kerja, namun hal itu sebenarnya juga masih bisa di asah kemampuanya ketika kita sudah masuk dalam ruang lingkup perusahaan ketika kita sudah di terima sebagai seorang karyawan.  






















































































       





0 komentar:

Posting Komentar