24.6.16

Ringkasan Artikel: Muhammadiyah Perlu 'Politik Hijau'

LINGKUNGAN HIDUP SALAH SATU PENGENDALI PEMBANGUNAN

Muhammad Duha Saputra Kusnadi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

            Keseimbangan ekonomi, lingkungan dan sosial masyarakat harus dijaga dalam pengelolaan lingkungan dan kehutanan. Ketiga aspek ini harus saling mengisi supaya nantinya dapat memberikan kinerja maksimal dalam mendukung pembangunan Nasional di Indonesia. Kita harus mengakui bahwa memang lingkungan hidup inilah yang merupakan salah satu aspek pengendali dan pendukung pembangunan perekonomian Negara Indonesia selama ini.
            Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, MSc. dan Ketua Umum PP Muhammadiyah mengemukakan, dalam pembukaan Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sabtu (30/4). Rakernas ini mengangkat tema ‘Penguatan Umat serta Komunitas melalui Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan’. Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MOU antara Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haendar Nashir dengan Menteri LH dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya.
            Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haendar Nashir MSi menyatakan, sejak 2000 Muhammadiyah sudah mempunyai concern untuk pembangunan lingkungan, dengan menyelamatkan lingkungan hidup dan tidak merusaknya. Hal ini disebutnya sesuai dengan prinsip Islam.

Referensi artikel:

Fsy. (2016). Lingkungan Hidup Salah Satu Pengendali Pembangunan. Kedaulatan Rakyat, 2 Mei 2016.

0 comments:

Post a Comment