24.6.16

Ringkasan artikel ; Mudah lupa dan bingung ,tanda-tanda alzhemeir

Mudah Lupa dan Bingung, Tanda-tanda Alzheimer

Fadli Amin
(153104101100)
Fakultas Psikologi
Universitas proklamasi 45
Yogyakarta

Kalau seseorang sering mengalami lupa pada kejadian yang baru saja terjadi, lupa sudah janji ,menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali ,sering lupa tempat dan sejenisnya. Kemungkinan hal itu merupakan gejala atau tanda-tanda terkena Alzemeir atau pikun.
Biasanya ,pikun menyerang usia 68 tahun ke atas, tetapi di inggris ,ada penderita pikun yang umurnya di bawah 50 tahun. Jadi meskipun masih muda ,perlu perhatian terhadap kepikunan `` kata manajer klinik Pratama Rumah Bersalin Gratis(RGB)Rumah Zakat Yogyakarta Ratna Kusumaningsih SKM diruang kerjanya baru-baru ini.
Gejala umum lainya yang perlu mendapat perhatian adalah sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya lupa memasak,lupa mengeporasikan telepon, menghitung hitungan sederhana tidak bisa.
Menurut Ratna ,Seseorang mengalami hal itu karena gangguan lain. Misalnya , darah tinggi ,penyakit gula  dan kolesterol tinggi. Kemudian juga karena tidakpernah atau jarang berolahraga. Olahraga kaitanya dengan penurunan kolesterol ,kalau kolesterol rendah ,tekanan darah juga rendah.
Selain dengan obat-obatan ,penyakit Alzemeir juga dapat ditangani secara psikologis melalui stimulus kognitif guna memperbaiki ingatan si penderita ,memulihkan kemampuanya dalam berbicara maupun dalam memecahkan masalah ,serta membantunya hidup semandiri mungkin . karena itu pendampingan oleh keluarga sangat membantu.



Sumber : KR. 25 maret 2016

0 comments:

Post a Comment