23.6.16

Ringkasan Artikel: Jadi Identitas Wilayah

PENANAMAN POHON LANGKA DIGALAKKAN

Muhammad Duha Saputra Kusnadi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Pemkot Yogya menyerukan kepada setiap elemen masyarakat untuk melakukan aksi penghijauan dengan memilih pohon langka karena banyak wilayah Kota Yogya memiliki identitas dengan dicirikan keberadaan pohon langka tertentu. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogya, Suyana menyebut, penanaman pohon langka bisa memperkuat identitas wilayah sekaligus mengenalkan generasi mendatang terhadap sejarah wilayah. Salah satu contoh yang sudah dilakukan adalah dikompleks Balai Kota Yogya yang berada di Timoho, awal mula nama Timoho ini dikarenakan dulunya memang merupakan hutan Timoho. Pohon Timoho memang tidak dijadikan sebagai pohon perindang dikarenakan perawatan ekstra terhadap pohon Timoho harus dilakukan.
Pohon Timoho tidak bisa berkembang secara cepat seperti pohon yang lainnya. Selain pohon Timoho ada pula identitas Kota Yogya lainnya seperti pohon Kenari yang bisa banyak dijumpai di Jalan Kenari yang lokasi tidak terlalu jauh dari Kompleks Balai Kota Yogya dan masih banyak lagi diberbagai wilayah Kota Yogya yang menjadi suatu identitas karena dari Pohon yang ditanam.
Selain pohon langka, ada juga pohon identitas yang ditetapkan oleh Gubernur untuk masing-masing Kabupaten/Kota DIY. Khusus Kota Yogya pohon identitasnya adalah pohon Kelapa Gading yang beberapa sudah ditanam di area lapangan Balaikota. Penanaman pohon langka ini mendapat dukungan dari Bakpia Jawa yang secara simbolis melakukan penanaman pohon Timoho, Sawo Kecik, Munggur, Pule dan Dersono.

Referensi artikel:

Dhi. (2016). Penanaman Pohon Langka Digalakkan. Kedaulatan Rakyat, 2 Mei 2016.

0 comments:

Post a Comment