29.5.16

Belajar Mengenal Diri




 Part. 5          
Fadly Amin
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45

 
Belajar  Mengenal Diri 

     Sore itu , saya kembali ke warung warmindo milik pak yanto,Dengan senyum sapa dan penuh keramahan beliau menyambut kedatanganku,, obrolan santaipun kembali kita mulai seperti menanyakan kabar kita masing-masing, serta cerita-cerita lain.  Karena memang sudah  lumayan cukup lama saya juga tidak mampir singgah di warung beliau ,mungkin hampir sekitar 2 minggu.
Singkat kata, dari beberapa obrolan serta wawancara antara saya dengan pak yanto, ada salah satu hal yang menarik yang dapat kita petik sebagai pengetahuan  serta pengalaman baru tentang bagaimana cara agar kita mampu mengenal diri berdasarkan versi pak yanto .
Menurut pak yanto, mengenal diri sangat penting, karena dengan mengenal diri akan mengantarkan kita menuju sebuah kesuksesan. Pak yanto selalu berusaha bersikap terbuka (open minded) terhadap sebuah kritik ,termasuk dari para pelanggan dan warga sekitar. Bagi pak yanto masukan dan saran orang lain adalah sesuatu yang sangat berharga demi kesempurnaan diri sendiri terutama dalam perjalanan usahanya. Menurut pak yanto, dengan cara sikap Open minded tersebut dia lebih mampu menyadari dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam Bisnisnya, pak yanto juga mengatakan bahwa pada awal usahanya banyak sekali mendapatkan kritik tajam dari para pelangganya terutama soal cita rasa menu masakanya.
Tidak semua orang mampu dengan mudah menerima sebuah kritik dari orang lain . Tapi  keterbukaan hati dari pak yanto mampu menerima kritik-kritik tersebut ,kemudian beliau selalu berusaha untuk  intropeksi, refleksi dan melakukan perbaikan diri dalam usahanya. Bagi pak yanto, intropeksi akan mempermudah kita untuk merumuskan potret diri sendiri dan mengenal siapa kita sebenarnya….

Bersambung…..

1 comment: